Dark/Light Mode

Modal Menipis Karena Diutangin Terus

Fitur Bayar Tempo Bukalapak Bantu Mitra Warung Survive

Minggu, 2 Agustus 2020 06:32 WIB
Modal Menipis Karena Diutangin Terus Fitur Bayar Tempo Bukalapak Bantu Mitra Warung Survive

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat kondisi sulit seperti sekarang, banyak UMKM yang membutuhkan suntikan dana demi bertahan hidup alias survive. Jika tak pintar memilih kreditor dan memanfaatkan dananya, bukan mustahil si pelaku usaha malah gulung tikar.

Inilah yang berusaha diedukasi aplikasi Bukalapak. Pemilik warung tradisional di aplikasi Mitra Bukalapak diminta tak sembarangan meminjam uang.

Karena itu Bukalapak mengajak mitranya, yang disebut Juragan, untuk memanfaatkan layanan pin jaman modal berbasis digital tanpa bunga jika membutuhkan modal.

Baca juga : Menpora Ingin Kampus Jadi Tempat Tumbuhnya Semangat Kewirausahaan

Konsultan perencana keuangan, Muhammad Kharisma menilai, di era modern masih ada pemilik warung tradisional yang belum memahami rencana keuangan untuk menjaga keberlanjutan usaha.

Dia melihat di daerah, tidak sedikit warung kecil yang tibatiba kesulitan untuk berbelanja, karena modalnya tergerus akibat banyak pembeli yang mengutang tapi tidak membayar.

Menurut dia, di sinilah pentingnya e-commerce memberikan edukasi kepada mitra pemilik warung. Jika ada kucuran dari perusahaan jasa keuangan, imbuhnya, maka harus benar-benar diarahkan bahwa dana pinjaman itu harus diarahkan untuk modal.

Baca juga : Menteri Siti Kenang Didi Kempot Saat Bantu Kampanye Lingkungan

“Di sini pemilik warung perlu memahami perbedaan pinjaman yang konsumtif dan pinjaman produktif,” katanya.

Pinjaman harus digunakan untuk menambah arus kas para Juragan warung Bukalapak. Skema yang diberikan dan modelnya juga dibuat sederhana untuk UMKM.

“Pinjaman produktif itu jenis dana yang bisa mengembangkan bisnis. Sedangkan pinjaman konsumtif itu dana pinjaman yang dipakai tapi tanpa menghasilkan apa-apa. Bahkan barang yang kita beli itu nilainya terus turun. Ini konsumtif,” tegas Kharisma.

Baca juga : Kerja Keras Kejagung Usut Terus Jiwasraya Sangat Penting

Dia berharap kesadaran finansial dari para Juragan warungwarung mitra Bukalapak bisa lebih profesional, ketimbang warung-warung konvensional karena diberikan pemahaman tentang manajemen finansial.

Bukalapak memang memiliki alternatif permodalan untuk mitranya. AVP of Investment & Financing Solutions Bukalapak Dhinda Arisyiya bilang, sekarang para Juragan bisa memanfaatkan fitur yang dinamakan Bayar Tempo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.