Dark/Light Mode

Lagi, Bandara Juanda Surabaya Gagalkan Penyelundupan Ribuan Bibit Lobster

Selasa, 18 Agustus 2020 09:39 WIB
Ilustrasi Bandar Udara Internasional Juanda (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Bandar Udara Internasional Juanda (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim pengamanan Bandar Udara Internasional Juanda (aviation security) dan Satgaspam TNI AL kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan bibit lobster, Senin (17/8) pagi.

Bibit lobster itu rencananya akan terbang dari Bandara Internasional Juanda menuju Bandara Hang Nadim Batam, menggunakan pesawat Lion Air JT-971.

Ilustrasi bibit lobster (Foto: Istimewa)

Baca juga : Angkasa Pura I Punya Galeri Dan Zona Khusus Pameran UMKM

Penggagalan ini merupakan yang kedua kali selama tahun 2020. Sebelumnya, pada bulan Juli, tim pengamanan Bandara Juanda juga berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 32 kantong plastik berisi 3.915 bibit lobster.

“Pelaku masuk ke area lobi bandara, dan melakukan verifikasi dokumen penerbangan pada pukul 05.58 WIB. Saat pelaku dan koper berwarna silver melewati area pemeriksaan keamanan pada pukul 06.06 WIB, tim aviation security mendapati citra X-Ray yang mencurigakan pada isi koper. Sehingga, sesuai prosedur, dilakukan pemeriksaan secara manual.

Baca juga : Bos Angkasa Pura I Benahi Bandara Juanda Demi Kenyamanan Pengguna

"Kecurigaan petugas terbukti. Hasil pemeriksaan menunjukkan, isi koper adalah bibit lobster yang dibungkus pakaian bekas, tanpa disertai surat-surat resmi dari BKIPM,” jelas General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Heru Prasetyo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.