Dark/Light Mode

Kowani Fair Online Bantu Penjualan UMKM

Jumat, 4 September 2020 10:03 WIB
Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)
Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) mengadakan kegiatan Kowani Fair Online 2020. Kegiatan ini untuk membantu penjualan UMKM.

Kowani Fair tahun ini mengambil tema “Gebyar Kemerdekaan Kowani Fair Online di Era New Normal”. Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Hadir sebagai pembicara utama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Bintang Puspayoga, serta Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel.

Kegiatan Kowani Fair Online sendiri berlangsung dari 1-4 September 2020. Namun Kowani Fair Online di Tokopedia berlangsung selama satu bulan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi pelaku usaha untuk bisa menguasai penjualan secara online.

Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo mengaku, menyelenggarakan Kowani Fair Online menjadi tantangan tersendiri. Terlebih ini untuk yang pertama kalinya dilaksanakan dengan kondisi yang terkesan dibatasi dan terbatas ruang gerak. Tetapi di situlah tantangan yang harus mampu dihadapi bersama.

Baca juga : SKK Migas Sambut Baik Penjualan LNG Bebas PPN

Yang menjadi persoalan, ternyata tidak mudah mengajak UMKM untuk masuk dalam tatanan kehidupan baru atau new normal. Tantangan lainnya yang biasanya menunggu toko, sekarang terpaksa dilakukan dengan menggunakan di perangkat digital. 

“Belum lagi tantangan sekaligus peluang dalam penggunaan waktu. Jika dulu terbiasa membuka toko dengan jam tertentu, sekarang justru bisa menjadi 24 jam,” tutur Giwo.

Menurut Giwo, tentunya keadaan yang memprihatinkan ini tidak boleh menyurutkan semangat dan tekad untuk terus membangun perekonomian dan kesejahteraan bangsa melalui dan dimulai dari keluarga yang memiliki ketahanan keluarga yang sejahtera, menuju Indonesia maju.

Giwo menegaskan, Kowani Fair telah menjadi agenda tetap dan sekaligus agenda unggulan bagi Kowani. Kegiatan ini perwujudan dari komitmen, konsistensi dan tekat bulat Kowani untuk ikut serta dalam meningkatkan harkat perempuan melalui kegiatan perekonomian guna pemantapan kesejahteraan keluarga pada khususnya dan kesejahteraan bangsa pada umumnya.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Menteri Gercep Realisasikan Bantuan Buat UMKM

“Sejak 2000 Kowani secara konsisiten dan berlanjut serta berkesinambungan memberikan fasilitasi, mediasi serta mengantarkan UMKM untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dalam menjalankan perekonomian masyarakat agar dapat memberikan sumbangsih yang nyata dalam menggerakkan perekonomian bangsa guna menopang dan mewujudkan ketahanan ekonomi bangsa,” tegasnya.

Sementara itu, Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, apresiasi kepada Kowani yang secara konsisten terlibat dalam upaya-upaya pemberdayaan ekonomi UMKM. Saat ini pelaku usaha di Indonesia, sekitar 99 persen merupakan koperasi dan UMKM.

Pelaku usaha UMKM menyumbang setidaknya 60 persen PDN nasional, menyerap 97 persen tenaga kerja dan berkontribusi 14,7 persen pada ekspor nasional. Sedangkan data BPS sekitar 43,45 persen pengusaha UMKM non pertanian adalah kaum perempuan. Database Kemenkop UKM juga menunjukkan bahwa dari total 123.048 koperasi aktif, 11.458 diantaranya adalah koperasi wanita.

Ketua Kowani Bidang Ekonomi, Koperasi dan UKM Hadriani Uli T.I. Silalahi, yang juga Ketua Panitia Kowani Fair Online 2020 mengatakan, kegiatan ini tetap dilaksanakan karena sebagai bentuk ungkapan rasa syukur 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga : Keren, Bek MU Lindelof Bantu Polisi Nangkep Jambret

“Tadinya sempat khawatir juga apakah para perempuam pengusaha UMKM berani mengambil kesempatan ini? Kesempatan belajar dan terjun langsung pada cara perdagangan yang menjadi tren baru di dunia. Tapi, syukurlah ternyata yang mendaftar untuk mengikuti Kowani Fair Online ini mencapai 525 UMKM dari seluruh Indonesia,” tuturnya.

Dikatakan, kegiatan Kowani Fair Online ini dimeriahkan dengan berbagai acara. Ada lomba makeup (2/9), lomba merangkai bunga merah putih (3/9), dan lomba story telling dengan judul UMKM di Masa Pandemi (4/9). Ada juga fashion show, tutorial, kelas memasak yang ke semuanya dilakukan secara virtual.

“Dalam Kowani Fair 2020 ini, kita juga mengadakan lelang kerjasama dengan Iwapi. Hasil lelang ini akan diberikan untuk membantu para UMKM perempuan yang terpuruk akibat pandemi Covid-19,” tambahnya.

Selain itu, bersama Tokopedia memberikan pelatihan-pelatihan bagi peserta Kowani Fair Online 2020. Dalam pelatihan ini Tokopedia memberikan materi mengenai aturan-aturan dan tips-tips agar bisa berhasil di dunia e-commerce. Dan, para peserta begitu antusias untuk mengikuti pelatihan ini. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.