Dark/Light Mode

Survei BI: Penjualan Eceran Terus Membaik

Rabu, 9 September 2020 11:04 WIB
Foto: Khairizal Anwar/RM
Foto: Khairizal Anwar/RM

 Sebelumnya 
Penjualan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau diramal mulai mencatat pertumbuhan positif pada Agustus 2020. Sementara itu, kelompok barang yang lain juga diprediksi mengalami perbaikan dengan kontraksi yang menurun. Kecuali, kelompok barang Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya.

Baca juga : Survei BI: Keyakinan Konsumen Menguat Di Tengah Pandemi

"Dari sisi harga, tekanan inflasi pada 3 dan 6 bulan mendatang (Oktober 2020 dan Januari 2021) diperkirakan akan meningkat. Indikasi peningkatan harga tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 dan 6 bulan mendatang. Masing-masing sebesar 133,7 dan 157,7. Angka ini lebih tinggi dibanding periode sebelumnya, yang masing-masing tercatat 131,5 dan 156,1," terang Onny.

Baca juga : Profesor Indonesia Raih Penghargaan Dosen Terbaik di Jerman

Responden memperkirakan kenaikan harga tersebut dipengaruhi gangguan distribusi barang dan jasa, seiring datangnya musim hujan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.