Dark/Light Mode

Erick Berharap Vaksin Merah Putih Diproduksi 2022

Jumat, 11 September 2020 12:05 WIB
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid, Erick Thohir
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid, Erick Thohir

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir berharap vaksin Merah Putih dapat mulai diproduksi pada tahun 2022.

"Dari informasi yang didapatkan, insya Allah uji klinis I sampai dengan III vaksin Merah Putih bisa berjalan pada tahun depan, sehingga pada tahun 2022 kita bisa mulai memproduksi vaksin tersebut," ujar Erick dalam orasi ilmiah di Universitas Padjadjaran, Bandung pada Jumat (11/9).

Baca juga : TOTO Raih Penghargaan BCI Asia Interior Design 2020

Menurut Erick, kehadiran vaksin Covid-19 Merah Putih agar Indonesia tidak bergantung pada vaksin-vaksin yang diproduksi dari produsen luar negeri.

"Kita jangan bergantung kepada vaksin-vaksin yang merupakan hasil kerja sama dengan produsen luar negeri," kata Erick.

Baca juga : Maret 2021, Bibit Vaksin Merah Putih Bisa Diserahkan ke Bio Farma untuk Uji Klinis

Bio Farma bersama dengan Lembaga Eijkman, Balitbangkes Kementerian Kesehatan juga mengharapkan tersedia vaksin Merah Putih.

Selain dengan lembaga-lembaga tersebut, pemerintah tentunya juga membuka kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi terkait pengembangan vaksin Covid-19 di dalam negeri

Baca juga : Komisi IX DPR Dukung Pengembangan Vaksin Merah Putih

“Untuk pembentukan antibodi dalam melawan virus Covid-19 membutuhkan waktu enam bulan sampai dengan dua tahun menurut studi yang didapatkan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro menyatakan, kemungkinan vaksin Merah Putih diberikan lebih dari satu kali ke satu individu.Jika penduduk Indonesia berjumlah sekitar 270 juta orang pada saat ini misalkan, maka vaksin yang harus diberikan berarti minimal 540 juta vaksin. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.