Dark/Light Mode

Jurang Krisis Makin Dekat

Menkeu Ketar-ketir UKM Terdampak PSBB Jakarta

Minggu, 13 September 2020 06:46 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Rizky Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita khawatir pengetatan PSBB di akhir kuartal III-2020 dapat memberikan tekanan pada sektor manufaktur.

“PSBB DKI tentu akan mempengaruhi industri manufaktur, apalagi kalau provinsi lainnya ikut menerapkan PSBB yang ketat. Tapi, yang terpenting bagi pemerintah saat ini adalah kesehatan masyarakat. itu tidak bisa ditawar,” kata Agus di Jakarta, kemarin.

Baca juga : KAMI Tak Perlu Turun Ke Jalan

Dia menuturkan, sejak PSBB mulai dilonggarkan pada Juli lalu, sebenarnya utilisasi sektor manufaktur telah berangsur pulih ke kisaran 53-54 persen. Bahkan, diprediksinya, bisa menyentuh level 60 persen pada akhir 2020. Namun, akibat pengetatan kembali PSBB, target tersebut bisa gagal tercapai.

Jaga Arus Distribusi

Baca juga : Duet Teten Dan Erick Bantu UMKM Terdampak Corona

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meminta, semua pihak tetap menjaga arus pendistribusian logistik di Jakarta. Sebab, bila ruang gerak mereka juga dibatasi bisa melumpuhkan perekonomian.

“Setiap wilayah yang memberlakukan PSBB harus memberikan kelancaran jalur-jalur distribusi, termasuk logistik supaya usaha dan perekonomian tetap berjalan,” kata Agus.

Baca juga : Jumlah Utang Terus Meningkat, Menkeu Malaysia Pede Negerinya Nggak Akan Bangkrut

Dia menjelaskan, sebanyak 50 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia disumbang dari sektor konsumsi. Sehingga, bila distribusi logistik terganggu, perputaran ekonomi di sektor kebutuhan pokok menurun tajam. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.