Dark/Light Mode

Sri Mulyani Menkeu Terbaik Di Asia, Utang Kita Paling Besar Di ASEAN

Senyum Dan Tangis Jadi Campur Aduk

Rabu, 14 Oktober 2020 06:50 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Instagram)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Tapi di saat yang sama, Indonesia juga dinobatkan oleh Bank Dunia sebagai negara dengan utang luar negeri paling banyak. nomor 1 terbesar di antara negara-negara berpendapatan rendah menengah di regional asia Tenggara.

Dalam laporan International Debt Statistics (IDS) 2021 atau statistik utang Internasional yang dirilis Bank Dunia itu, memuat data utang negara-negara berpendapatan rendah menengah hingga tahun 2019. Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura tidak masuk.

Baca juga : Sri Mulyani dan Menkeu AS Teken Kerja Sama Pembiayaan Infrastruktur

Utang Indonesia di urutan teratas dengan nilai mencapai 402,08 miliar dolar AS atau sekitar Rp 5.940 triliun. Di posisi kedua, Thailand. Negeri Gajah Putih itu punya utang 180,23 dolar AS atau Rp 2.662 triliun. Vietnam di urutan ketiga, utangnya Rp 1.750 triliun. Di susul Filipina di urutan keempat, dengan utang Rp 1.236 triliun.

Sementara Laos, Kamboja dan Myanmar berutang tak sampai ribuan triliun, masing-masing Rp 246 triliun, Rp 226 triliun dan Rp 164 triliun. Di posisi terakhir, atau yang paling sedikit utangnya adalah Timor Leste. eks provinsi ke-27 Indonesia itu hanya ngutang Rp 3 triliun saja.

Baca juga : Bagikan Multivitamin ke Tenaga Kesehatan, KlikDokter Dukung Penuh IDI Tangani Covid-19

Dua fenomena berbeda itu membuat warganet bingung meluapkan pendapatnya. Akun @degollman misalnya. “Disenyumin atau ditangisin ya... aduh, campur aduk nih...,” respons @rakyat_biasa12. “Wuuihhhh gilaaakk Menkeu terbaik asia. Itu terbaik dalam arti sesungguhnya apa terbaik UTANG NYA, serius tanya,” tanya dia. “Ya terbaik lah. Karena dia bisa kasih bunga lebih tinggi kepada pemberi hutang,” timpal @malhamahkubro. “Mblegedes.. utang tambah gede, ekonomi morat marit kok terbaik,” kesal @scsuroso.

Akun @Oposisi4justice malah penasaran dengan majalah yang memberikan gelar kepada Menkeu Sri. “Itu majalah punya siapa?” tanya dia. “satire ala global Market, kah?” tanya akun @ saifuddeen89 pula. “Pemimpin yang benar yang dibenci negara asing, tidak banyak penghargaan ~ Bung Karno,” tulis @maylana_13, membuat kutipan dalam kolom komentar link berita.

Baca juga : Corona Tak Bisa `Di-Century-kan`

Tapi ada juga yang memuji. akun @gatot_Yogantoro salah satunya. “sekali lagi bukti bahwa gawang Indonesia dijaga oleh kiper yang tepat,” pujinya. “hmmm untuk bu Sri saya no komen, beliau memang smart,” nilai @tri_erwin. “Iya, bagus memang,” tambah @Alfian117432150. “Panglima Ekonomi Jokowi,” dijuluki oleh akun @plshn1. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.