Dark/Light Mode

Jelang Libur Nasional Dan Cuti Bersama

Pertamina Pastikan Stok Serta Pasokan BBM Dan LPG Aman

Selasa, 27 Oktober 2020 08:08 WIB
Jelang Libur Nasional Dan Cuti Bersama Pertamina Pastikan Stok Serta Pasokan BBM Dan LPG Aman

 Sebelumnya 
Pada September 2020, tercatat konsumsi BBM non subisdi jenis Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) sekitar 140.000 kiloliter. Turun sekitar 6 persen dari rata-rata konsumsi sebelum Covid-19 (Januari-Februari) yaitu di kisaran 150.000 kiloliter.

Untuk konsumsi BBM non subsidi jenis Gasoil (Dex, Dexlite), pada September 2020 tercatat 4.495 kiloliter. Naik 7 persen dibanding rata-rata konsumsi sebelum Covid-19 (Januari-Februari) yaitu sekitar 3.850 kiloliter.

Hal yang sama juga terjadi pada konsumsi LPG. Selama pandemi Covid-19, konsumsi LPG sektor rumah tangga di bulan September mengalami kenaikan.

Baca juga : Pertamina Tambah Kuota 256 Tabung Elpiji Kg

Untuk LPG PSO 3 kg, naik 4 persen dari konsumsi normal sebelum Covid-19 (Januari-Februari), yaitu dari 43.000 metrik ton menjadi 46.000 metrik ton.

LPG Non PSO di bulan September juga mengalami kenaikan, yang besarnya mencapai 9 persen, dibanding rata-rata konsumsi sebelum Covid-19, yang berada di rentang 4.700 - 5.100 metric ton.

“Mulai bergeliatnya aktivitas perkantoran, UKM yang sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19 masih menjadi alasan mulai naiknya konsumsi BBM dan naiknya konsumsi LPG PSO dan Non PSO sektor rumah tangga. Kondisi ini sudah kami antisipasi. Kami telah menyiapkan proyeksi penyaluran fakultatif, terutama di lokasi-lokasi yang menjadi tujuan mudik dan tujuan wisata, untuk disalurkan menjelang libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW," papar Umar.

Baca juga : Makin Diminati Masyarakat Perkotaan, Kementan Gairahkan Budidaya Urban Farming

"Kami prediksi, kebutuhan dapur masyarakat akan meningkat. Untuk BBM, saat ini belum ada rencana penambahan stok. Namun, hal ini akan kami sesuaikan dengan kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Pertamina juga senantiasa berupaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang belum berakhir. Dengan tetap memberlakukan sejumlah protokol kesehatan, baik di lingkungan operasional maupun terhadap sejumlah fasilitas operasional di SPBU.

Pertamina juga mengimbau seluruh pelanggan setia, untuk bertransaksi secara cashless atau non tunai melalui aplikasi MyPertamina, yang dapat diunduh melalui Apple Store atau Google Playstore.

Baca juga : Antisipasi Bencana, Pertamina EP Cepu Tingkatkan Kewaspadaan Tanggap Darurat Di Purwosari

"Dengan transaksi secara non tunai, kita tidak perlu repot menyiapkan uang kertas/ logam yang berpotensi menambah kemungkinan penyebaran Covid-19. Dengan transaksi cashless melalui aplikasi MyPertamina, konsumen juga berkesempatan memperoleh berbagai program promo", tutup Umar.

Masyarakat yang ingin mengetahui informasi dan layanan produk Pertamina, dapat menghubungi Call Center 135. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.