Dark/Light Mode

Akses Listrik Semakin Merata

Dalam Tempo 5 Tahun, PLN Sukses Terangi 12 Ribu Desa

Kamis, 29 Oktober 2020 11:40 WIB
Akses Listrik Semakin Merata Dalam Tempo 5 Tahun, PLN Sukses Terangi 12 Ribu Desa

 Sebelumnya 
Menjelang HLN ke-75 lalu, PLN juga berhasil melistriki empat desa yaitu di Desa Winangabino, Desa Lijo, Desa Sea dan Desa Parangisi yang berada di Kabupaten Morowali Utara.

Untuk melistriki empat lokasi terpencil ini, PLN mengeluarkan dana investasi sebesar Rp 12,8 Miliar untuk membangun JTM sepanjang 32,5 kms, JTR sepanjang 6,5 kms dan gardu distribusi sebanyak 6 buah dengan total 300 kVA.

Baca juga : PLN Pasok Listrik Di Pulau Maratua, Wilayah Jadi Terang Warga Girang

Serta memiliki potensi pelanggan sebanyak 515 kepala keluarga dengan lebih dari 1.800 penduduk.

Selain membangun infrastruktur kelistrikan, PLN juga bekerja sama dengan banyak pihak untuk melakukan penyambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu.

Baca juga : BGR Pede Akhir Tahun Wujudkan 10 Ribu Warung Pangan

Sebagai contoh, di Provinsi Kalimantan Utara, PLN bersama Pemerintah Daerah dan beberapa perusahaan tambang melakukan penandatanganan penyambungan listrik untuk 50.000 warga Kalimantan Timur yang belum menikmati listrik.

“Kami menyadari listrik merupakan kebutuhan utama masyarakat. Hadirnya listrik akan meningkatkan produktifitas dan menggerakan roda ekonomi, sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat,” tutur Zulkifli.

Baca juga : Indonesia Sudah Merdeka 75 Tahun, Sabam Sirait Ajak Masyarakat Terus Galang Persatuan

Kini, PLN juga akan mendorong pemanfaatan potensi lokal yang ramah lingkungan dan berbiaya murah, seperti memanfaatkan air dan cahaya matahari untuk menghadirkan listrik. 75 tahun PLN telah hadir bersama masyarakat. Bergerak menerangi Indonesia, memajukan Bangsa. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.