Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

LPDB Siap Kucuri Pembiayaan Murah

BGR Pede Akhir Tahun Wujudkan 10 Ribu Warung Pangan

Rabu, 12 Agustus 2020 19:11 WIB
Direktur Utama PT BGR Logistics Kuncoro Wibowo (kedua kanan) usai meluncurkan aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan di jakarta, Rabu (12/8/). (Foto: Ahmad Ali Futhuhuin/RM)
Direktur Utama PT BGR Logistics Kuncoro Wibowo (kedua kanan) usai meluncurkan aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan di jakarta, Rabu (12/8/). (Foto: Ahmad Ali Futhuhuin/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - BUMN klaster pangan mengaku masih sulit mendapat pembiayaan murah. Terutama dalam mewujudkan Program Warung Pangan yang diinisiasi Kementerian BUMN bersama Kementerian Koperasi dan UKM.

Sebagai offtaker, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics diminta memenuhi target Kementerian BUMN untuk mewujudkan 10 ribu Warung Pangan di akhir 2020.

Baca juga : Bantu UMKM Di Masa Pandemi, BGR Bikin Aplikasi Warung Pangan

Tentu saja hal ini tidak mudah. Karena menurut Direktur Utama BGR Logistics Kuncoro Wibowo, sektor yang dibiayai cukup berisiko, yakni pertanian dan perikanan. Sehingga perbankan terkesan ogah-ogahan dalam mengucurkan kredit.

“Kami cari cara putar otak ba gaimana ini tetap bisa jalan. Akhir nya kami ketemu yang cocok, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) mengaku siap menyediakan pembiayaan ini bagi ko perasi petani,” katanya dalam acara penandatanganan MoU LPDB-BGR Logistics Perinus Jamkrindo dalam rangka menyukseskan program Kerja Sama Pemulihan Perekonomian Koperasi dan UMKM melalui Aplikasi Berbasis Online Warung Pangan.

Baca juga : Bikin Materi Pembelajaran Daring, Anies Kumpulkan 600 Relawan

Alhasil, koperasi penghasil pangan dipastikan mendapat bantuan LPDB dengan pembiayaan murah. Tugas BGR selanjutnya, bagaimana mengakuisi warung agar mau menjadi mitra di aplikasi online Warung Pangan.

“Di awal kami memperkenalkan Program Warung Pangan, nyatanya cukup sulit mengakuisi warung. Karena mereka punya agen sendiri yang bisa memberi utang. Tapi kami bersyukur, mitra warung pangan yang teregistrasi di aplikasi sudah mencapai 2 ribu. Akhir tahun kami ditargetkan Kementerian BUMN bisa mengakuisisi 10 ribu warung untuk menjadi mitra,” jelas Kuncoro.

Baca juga : Jumlah Penumpang Mulai Naik, MRT Pede Bisa Capai 70 Ribu Orang Per Hari

Melalui pembiayaan dari LPDB, pihaknya bisa menyediakan bahan pokok dengan harga yang murah. Sehingga mitra warung dapat berbelanja sembako lewat aplikasi dengan harga yang bersahabat di kantong. “Karena koperasi yang menyuplai bahan pangan, dapat pembiayaan murah juga dari LPDB,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.