Dark/Light Mode

Kembangkan Perumahan di Tanah Air

BTN Pedekate Dengan Perusahaan Properti Jepang

Jumat, 6 Nopember 2020 23:09 WIB
Kembangkan Perumahan di Tanah Air BTN Pedekate Dengan Perusahaan Properti Jepang

 Sebelumnya 
Perusahaan itu antara lain Panasonic Home. Kemudian pengembang properti lain asal Jepang, yang bekerja sama dengan Perumnas, yaitu IIDA Group Holding Indonesia (IGHD-Ind).

Kerja sama dengan pengembang asal Jepang tersebut, antara lain dilatari oleh tingginya kebutuhan hunian di Indonesia.

Berita Terkait : BNI Teken Mou Dengan Kemendag Dan LPEI

Hal ini dapat dilihat dari tingginya permintaan rumah dengan jumlah backlog kepemilikan rumah sebesar 11,4 juta unit (data Kementerian PUPR). Sementara rasio KPR terhadap PDB hanya sebesar 3 persen. Terendah di Asia Tenggara. Sehingga, dibutuhkan perluasan akses pembiayaan perumahan.

"Selain itu, dari sisi permintaan, rumah segmen menengah ke atas terus menggeliat, didorong jumlah masyarakat kelas menengah yang terus meningkat sebagai bonus demografi," jelas Pahala.

Berita Terkait : Kuartal III 2020, BTN Sukses Raup Laba Rp 1,13 T

Selain dengan perusahaan properti Jepang, Bank BTN juga akan menjajaki kerja sama pendanaan jangka panjang untuk pembiayaan properti dengan Japan Bank for International Cooperation atau JBIC.

Kerjasama dengan JBIC, diharapkan dapat mendorong ekspansi pembiayaan properti Bank BTN. Sehingga, sinergi ini juga dapat membantu pemerintah dalam mengatasi backlog perumahan.

Berita Terkait : PP Pertina Siap Latih Tanding Petinju Pelatnas Dengan Petinju Pelatda

Pahala menjelaskan, Bank BTN dan JBIC masih merundingkan sejumlah poin penting dan akan segera dimatangkan. Poin penting tersebut antara lain jumlah pinjaman yang akan diberikan JBIC kepada Bank BTN, suku bunga pinjaman, dan penyaluran pembiayaan.
 Selanjutnya