Dark/Light Mode

Pengembangan Bandara Pendukung Pariwisata Likupang Capai 62,7 Persen

Sabtu, 14 November 2020 09:10 WIB
Area pariwisata Likupang di Manado, Sulawesi Utara. (Foto: Istimewa)
Area pariwisata Likupang di Manado, Sulawesi Utara. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebagai informasi, pada 2019 Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani 2,2 juta penumpang, dengan 22,7 ribu pergerakan pesawat, serta 13,6 ribu ton kargo.

Bandara ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas modern mulai dari penambahan fix bridge yang semula 3 unit menjadi 5 unit. Konter check-in dari 30 unit menjadi 45 unit. Area parkir yang semula dapat menampung 350 kendaraan roda empat nantinya dapat menampung hingga 650 kendaraan. Untuk roda dua yang semula dapat menampung 734 unit menjadi 760 unit. "Ini adalah salah satu dari 4 bandara yang ditargetkan selesai pengembangannya pada 2021," katanya.

Baca juga : Gatot Nurmantyo Tak Hadiri Acara Pemberian Bintang Mahaputera Dari Presiden

Tiga bandara lainnya di antaranya yaitu Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Lombok Praya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menargetkan 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2025, mengunjungi Sulawesi Utara. Apalagi area ini didukung pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Likupang di atas lahan seluas 396 hektar.

Baca juga : BPBD : Pengungsi Merapi Di Magelang Capai 635 Orang

Pengembangan Likupang ini dapat mendorong kunjungan wisman sebanyak 162 ribu orang pada 2025 atau berkontribusi 16 persen dari total target 1 juta wisman.

Secara umum, desain terminal Bandara Sam Ratulangi Manado mengkombinasikan konsep tradisional dan modern. Terdapat sentuhan tradisional berupa motif batik Tarawesan Pareday yang tercipta dalam bentuk geometris (pakarisan) yang menyerupai sebuah perulangan garis sebagai representasi sebuah simbol gelombang kehidupan manusia yang hadir dari atas dan bawah.

Baca juga : Kalau Takut Debat, Jangan Jadi Calon Kepala Daerah

Sisi modern akan tampak pada fasilitas-fasilitas terminal yang berstandar internasional. Dari sisi kinerja pelayanan, Bandara Sam Ratulangi Manado memiliki nilai kepuasan pengguna jasa atau Customer Satisfaction Index dari Airport Council International sebesar 4,75 di tahun 2019, artinya pengguna jasa sangat puas dengan pelayanan bandara.

"Ini juga telah menempatkan Bandara Sam Ratulangi Manado di peringkat 11 dari 78 bandara di seluruh dunia dengan kategori 2 sampai dengan 5 juta penumpang," tukasnya.[JAR] .

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.