Dark/Light Mode

Urutsewu Jadi Desa Mandiri Energi, Berkat Biogas Dan Limbah Pabrik Tahu

Sabtu, 14 November 2020 12:43 WIB
Desa Urutsewu di Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah sukses menyulap limbah ternak ayam menjadi biogas. (Foto: Humas ESDM)
Desa Urutsewu di Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah sukses menyulap limbah ternak ayam menjadi biogas. (Foto: Humas ESDM)

 Sebelumnya 
Mengetahui pemanfaatan gas yang dihasilkan dari limbah tahu bisa mengurangi pengeluaran untuk LPG hingga air bersih, warga desa lainnya berinisiatif memanfaatkan potensi limbah yang ada untuk kebutuhan harian mereka.

Salah satunya Rizki Emil Abdilah (23), peternak ayam di desa tersebut yang menghasilkan energi biogas dari kotoran sekitar 2.000 ayam miliknya.

Baca juga : Siap Hadapi Debat Kandidat, Ini Sederet Program Unggulan Irman-Zunnun

"Biogas yang dihasilkan dipakai untuk menyalakan mesin penggiling jagung, serta kompor di rumah. Kalau untuk nyelep (menggiling, Red), digester biogasnya harus dipenuhi dulu," jelasnya.

Emil menuturkan, mengubah mesin penggiling jagung yang semula berbahan bakar bensin menjadi tenaga biogas, butuh perjuangan. Namun, hasilnya sepadan. Dibantu temannya, ia melakukan modifikasi mesin.

Baca juga : Pemerintah Tak Bisa Sendirian Berantas Pandemi Covid-19

Setelah beberapa kali uji coba, modifikasi tersebut membuahkan hasil. Sampai sekarang, mesin penggilng jagungnya beroperasi dengan normal, dan membuatnya hemat berkali-kali lipat.

"Kalau pakai bensin Rp 20 ribu untuk nyelep 400 kilogram. Kalau biogas, ya nggak usah mikir bensin lagi. Bisa ngirit Rp 20 ribu," bebernya.

Baca juga : Sumur Resapan Bijak Berplastik Bisa Atasi Banjir Sekaligus Kurangi Limbah Plastik

Tak hanya itu, beberapa warga kini telah menggunakan digester biogas portabel sederhana di dapur mereka untuk menyalakan kompor.

"Saya rakit sendiri bersama tetangga. Biayanya sekitar Rp 2 jutaan, sampah sayur, dan buah tinggal saya masukkan. Sekarang hemat. Nggak perlu mikir beli LPG," ungkap Saparman (40), yang rumahnya beberapa bulan terakhir sudah menggunakan biogas dari Dana Desa. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.