Dark/Light Mode

BRI Gandeng BUMDes.id Ciptakan 10 Desa Mandiri

Kamis, 3 Desember 2020 15:10 WIB
Pemberian simbolis pemenang Desa BRILian untuk Desa Manjapai. (Foto: Dok. BRI)
Pemberian simbolis pemenang Desa BRILian untuk Desa Manjapai. (Foto: Dok. BRI)

 Sebelumnya 
Desa BRILian diharapkan jadi percontohan bagi desa lainnya karena dianggap tanggap, tangguh dan tetap berinovasi di masa pandemi. Mereka bisa menginspirasi desa lainnya untuk maju dan mensejahterakan masyarakatnya. "Selama program berlangsung, ratusan desa mendapat literasi dasar, digital, dan bisnis dengan melibatkan para aparat, tokoh masyarakat, serta BUMDes di masing-masing desa,” ujarnya, Kamis (3/12).

Desa-desa terpilih nantinya diikutkan pendampingan khusus lewat Program Inkubasi BRIncubator Goes To Desa BRILian yang diharapkan dapat membantu mendapatkan inspirasi, tambahan wawasan, dan peningkatan kinerja.

Baca juga : Gandeng First Media, Viu Hadirkan Hiburan Terbaik Asia

Untuk itu penilaian tidak hanya dimaksudkan untuk mencari pemenang. Lebih dari itu, proses penilaian ini akan membantu desa-desa BRILian mengetahui titik-titik lemah dan bagaimana agar upaya perbaikan terus dilakukan.

Sebuah desa bisa disebut sebagai Desa BRILian jika memenuhi empat kriteria yakni memiliki BUMDes dan kaya akan inovasi untuk memecahkan masalah sosial. Selain itu, desa itu mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan (sustainability) serta telah menerapkan digitalisasi dalam kesehariannya.

Baca juga : Gandeng Eaton, Datascrip Hadirkan Teknologi UPS Mutakhir

Selama 125 tahun hadir melayani masyarakat Indonesia, BRI telah memiliki jaringan yang luas untuk melayani masyarakat di seluruh pelosok negeri. Jangkauan luas BRI terbukti dari kehadiran 7.028 kantor regional, cabang, sub-cabang, unit, dan kantor kas perusahaan di berbagai daerah.

BRI juga mengandalkan peran para agen laku pandai BRILink untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan masyarakat. Hingga September 2020, ada 466.864 agen BRILink yang tersebar di 53.413 desa, atau 70 persen kawasan pedesaan di Indonesia dan 9.874 di antaranya merupakan AgenBRILink BUMDes.

Baca juga : KAI Dan Semen Indonesia Optimalkan Angkutan Barang

Keberadaan kantor dan AgenBRILink ini juga didukung ketersediaan berbagai kanal layanan keuangan digital perusahaan seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Electronic Data Capture (EDC) yang jumlahnya mencapai 219.036 unit. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.