Dark/Light Mode

Inovasi Dan Mitigasi Risiko, Kunci Industri Keuangan Moncer Di Era Digitalisasi

Kamis, 10 Desember 2020 18:36 WIB
Inovasi Dan Mitigasi Risiko, Kunci Industri Keuangan Moncer Di Era Digitalisasi

 Sebelumnya 
Senada, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengingatkan pentingnya digitalisasi serta virtualisasi, dalam menggenjot bisnis perbankan terutama dalam penyaluran kredit di tengah pandemi Covid-19.

Ia pun tak memungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah membuat sektor penyaluran kredit lesu, namun dengan adanya digitalisasi penyaluran kredit bisa akan terdorong. “Ke depan yang kita hadapi persiapan digitalisasi dimana virtualisasi platfrom harus kira kembangkan. Tanpa itu kita akan kehilangan real offline market karena transisi transisi dari pasar, mall, restoran relatif belum ramai meski kini sudah agak rame namun masih 50-60 persen dari normal,” katanya.

Baca juga : Lumbung Pangan Berat Di Ongkos

Sementara itu Chairman The Finance, Eko B Supriyanto mengatakan, industri keuangan, saat ini sedang menghadapi cobaan berat akibat pandemi Covid-19. Bahkan, sebelum muncul pandemi, situasi perekonomian nasional sudah mulai kurang kondusif. "Saat ini ibaratnya sedang musim puso atau gagal panen. Banyak perusahaan keuangan yang mengalami penurunan kinerja dan pendapatan,” tegas Eko.

Untuk mendorong kinerja industri keuangan di masa pandemi ini, The Finance mengapresiasi lembaga keuangan yang masih berkinerja sangat bagus di masa-masa sulit seperti sekarang ini. The Finance pun memberikan penghargaan The Finance Top 20 Financial Institution Awards 2020 kepada 20 institusi keuangan terbaik tahun 2020, masing-masing dari perbankan, asuransi, dan multifinance.

Baca juga : 8 Mitos Nutrisi Yang Rugikan Kesehatan Beredar Di Masyarakat Asia Pasifik

The Finance juga memberikan penghargaan Best The Best CFO 2020 kepada Chief Financial Officer (CFO) terbaik tahun ini dari ketiga institusi keuangan.

Menurut Eko, perusahaan yang berhasil melakukan transformasi digital dengan baik, merekalah yang akan memenangkan kompetisi di masa depan. “Capital ada hal penting dalam bisnis, tapi itu tidak cukup jika kita tidak mengembangkan SDM yang memiliki kompetensi di bidang teknologi,” katanya.

Baca juga : Kurangi Risiko, Begini Pengendalian Tikus Yang Aman Menurut Kementan

Penghargaan The Finance Top 20 Financial Institution Awards 2020 diberikan berdasarkan hasil rating bertajuk Top 20 Lembaga Keuangan 2020 yang dilakukan oleh The Finance Research.

Rating ini mengukur performa masing-masing lembaga keuangan dari tiga sektor industri keuangan. Bahan baku utamanya adalah laporan keuangan (audited) dalam tiga tahun atau tiga periode terakhir (2017 – 2019), yang selanjutnya di filter berdasarkan size perusahaan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.