Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pakai Teknologi GPS, Aplikasi Ini Bisa Cegah Penularan Covid-19

Rabu, 16 Desember 2020 13:19 WIB
Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: ist)
Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat. Per hari bertambahnya mencapai 6 ribuan.

Untuk mengantisipasi penularan itu, masyarakat diminta untuk terus menerapkan 3M; Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak. Sementara pemerintah menerapkan 3T; Tracing, Testing, dan Treatment.

Baca juga : Menko Mahfud: Partisipasi Meningkat, Pilkada Tanpa Klaster Covid-19

Untuk memudahkan tracing atau pelacakan, kini hadir aplikasi PeduliLindungi. Pengguna dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi yang tersedia di App Store dan Play Store.

Fitur di aplikasi PeduliLindungi menawarkan beberapa keunggulan yang sangat membantu pengguna. Seperti memberikan update tracking Covid-19, lokasi penyebaran, jumlah terpapar berdasarkan zona wilayah, konsultasi dokter dan banyak lainnya. 

Baca juga : Vaksin Lengkapi Upaya Pemerintah Perangi Covid-19

Dengan berbasis lokasi (GPS), PeduliLindungi dapat memberitahu kondisi Zona Covid-19 merah atau hijau. “Berikut jumlah pasien yang terpapar, sembuh dan meninggal di lokasi dia berada kepada pengguna,” seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (16/12). 

Selain itu ketika ada ponsel lain dalam radius GPS yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran ID anonim yang akan direkam oleh smartphone. Data ID anonim tersebut akan disimpan dalam rentang waktu 14 hari.

Baca juga : Amerika Serikat Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan suspek, Kasus Konfirmasi (bergejala dan tidak bergejala), dan Kontak Erat. Bila memang merasakan gejala dari Covid-19, Aplikasi PeduliLindungi ini juga bisa membantu karena sudah tersedia fitur Teledokter.

Dengan fitur ini, layanan konsultasi dengan dokter bisa dilakukan dengan jarak jauh yang merupakan hasil kerja sama dengan platform layanan Kesehatan yaitu Telkomedika, Halodoc, Prosehat, dan Good Doctor. Selain itu juga bisa melakukan pemeriksaan mandiri melalui platform Prixa, BPPT, dan Good Doctor. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.