Dark/Light Mode

Punya Pembangkit Tidur

PLN Tak Takut Beban Listrik Naik

Sabtu, 23 Maret 2019 08:11 WIB
PLTGU Grati. (Foto : Fazry/RM)
PLTGU Grati. (Foto : Fazry/RM)

 Sebelumnya 
Untuk pasokan gas ini kata Mulyadi masih kurang. Sebab saat ini pasokan gas hanya sebesar 65 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD). Sementara untuk mengoperasikan secara penuh 3 blok PLTGU Grati dibutuhkan gas sekira 200 BBTUD.

“Gas BBTUD untuk pengoperasian, sisanya 15 BBTUD kadang kita compress gas untuk cadangan,” ujarnya.

Baca juga : PLN Perkuat Listrik Jawa Bali

Kendati demikian, pengoperasian PLTGU Grati secara penuh masih menunggu kebijakan pemerintah dalam mendorong pembangunan industri dan penurunan harga gas, sehingga listrik dari PLTGU ini bisa dialirkan.

Tercatat, harga gas sebesar 6,5 dolar AS hingga 8 dolar AS per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU). Saat ini PLTGU hanya disiapkan untuk dibangunkan untuk musim peaker (kebutuhan beban listrik meningkat).

Baca juga : TKN Tak Ubah Strategi Kampanye

“PLTGU ini dibutuhkan ketika ada kenaikan beban listrik. Apalagi PLTU masih banyak. Kita standby kapan dibutuhkan. Misalnya ada PLTU gangguan. Kita siap,” ujarnya.  (FAZ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.