Dark/Light Mode

Suroso, Nasabah UMKM Mandiri Syariah Survive Saat Pandemi Covid-19

Selasa, 22 Desember 2020 17:50 WIB
Suroso, Nasabah UMKM Mandiri Syariah Survive Saat Pandemi Covid-19

 Sebelumnya 
Namun kini, sedikit demi sedikit ia mulai bangkit. Suroso pun membagikan beberapa cara yang dilakukannya agar mampu bertahan hingga saat ini. Pertama, Suroso menambah hasil produksi olahan lain selain mie berupa produksi kulit batagor/ lumpia/ pangsit (mengingat bahan dasar sama-sama berasal dari tepung terigu).

Kedua, membuat gerobak mie ayam untuk pedagang mie ayam dengan cara disewakan dan syaratnya harus mengambil mie ayam dari pabriknya. Ketiga, memanfaatkan sisa olahan mie tersebut untuk pembuatan kerupuk mie ayam yang juga saat ini jumlah pesanan mengalami peningkatan.

Baca juga : Gegara Pasar Udang, Thailand Dapat Kasus Baru Covid-19

Dan keempat, untuk menekan biaya operasional,untuk sementara waktu nasabah mengurangi upah pegawai hingga kondisi kembali normal. "Saya tidak melakukan pengurangan pegawai," katanya.

Justru dengan adanya Covid-19, lanjut Suroso, ia lebih tertantang dan semakin berpikir kreatif terhadap usahanya sehingga mampu melihat peluang baru yang bisa dimanfaatkan dan diberdayakan seoptimal mungkin.

Baca juga : Himpun Wakaf Nasabah Dan Pegawai, Mandiri Syariah Resmikan Masjid Cipularang KM 88

Ke depan, ia berharap usaha yang sudah berusia 10 tahun ini makin lancar sehingga banyak orang yang terbantu dari usaha. Ia juga memiliki target di tahun depan untuk menambah fasilitas usaha, agar omzet terus bertambah.

"Kemarin targetkan di 2020 menambah 40 gerobak, tapi yang terealisasi 21-22 gerobak, jadi semoga tahun depan bisa terpenuhi," harapnya.

Baca juga : Kelelahan, Bupati Maros Terpilih Chaidir Syam Positif Covid-19

Branch Manager (BM) Mandiri Syariah Cabang Depok 2, Marnis menuturkan, Suroso merupakan profil nasabah dengan kondisi lancar. Meski pandemi Covid-19, ia tak mengambil restrukturisasi, sehingga angsuran berjalan normal sesuai dengan rencana awal. "Itu sebagai bentuk komitmen. Alhamdulillah kondisi fasilitas pak Suroso ini lancar," ungkap Marnis. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.