Dewan Pers

Dark/Light Mode

Erick Thohir: Vaksin Covid-19 Pakai Barcode, Ini Alasannya?

Jumat, 8 Januari 2021 21:59 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: ist)
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah telah menyiapkan kode di setiap dosis vaksin Covid-19 untuk memastikan vaksin disuntikkan ke orang yang tepat.

Begitu kata Menteri BUMN, Erick Thohir ditemui di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (8/1).

Berita Terkait : Batik Air Angkut 30 Ribu Dosis Vaksin Covid -19 Ke Makassar

Menurut Erick, jadi sampai mobil itu bisa dipantau sehingga sampai ke provinsi dengan baik. Dia berharap setelah sampai ke provinsi juga hingga ke daerah terpencil terjaga baik.

"Dan Alhamdulillah ini kesempatan bagi bangsa kita, kapan lagi memperbaiki sistem data base kita yang selama ini terpencar-pencar jadi bisa dikumpulkan karena harus vaksinasi," tambah Erick Thohir.

Berita Terkait : Wapres Tak Ikut Vaksinasi Tahap Pertama, Ini Alasannya

Basis data tersebut, juga akan didasarkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kementerian Dalam Negeri karena pelaksanaan vaksinasi tidak hanya sekali.

"KPK menyambut baik hal ini dan mendampingi program pembentukan satu data walau pemain utamanya tetap Pak Menkes dan Kementerian BUMN mendukung dan juga Mendagri," beber Erick.

Berita Terkait : Vaksin Covid-19 Hadir, Band Lokal Semangat Rilis Lagu Anyar

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dengan barcode tersebut, vaksin dapat dicegah untuk tidak disuntikkan ke orang yang belum seharusnya disuntik. [DIT]