Dark/Light Mode

Dapat Keringanan Pembayaran Utang

Bos Garuda Optimis Kinerja Perseroan Pulih

Senin, 11 Januari 2021 05:56 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. (Foto : Istimewa).
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Agus berharap, dengan adanya relaksasi utang, maka Garuda da­pat meningkatkan kinerjanya.

Menurut dia, dukungan ini juga merupakan bentuk nyata sinergi BUMN untuk bersama-sama keluar dari dampak pan­demi Covid 19.

“Kami optimistis dalam waktu dekat, seiring dengan pergerakan ekonomi nasional, industri avia­si dan kinerja Garuda Indonesia kembali membaik. Sehingga dapat menyelesaikan seluruh kewajibannya,” ujar Agus kepa­da Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Tekan Penularan Covid-19 dengan Sosialisasi Perubahan Perilaku

Saling Support

Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan mengatakan, semua industri penerbangan mengalami hal sama, yakni terdampak pan­demi Covid-19. Dengan demiki­an, semuanya harus saling sup­port untuk melewati fase survival menuju fase rebound hingga kembali normal.

Karenanya, imbuh Handy, dukungan diberikan melalui kerja sama antara maskapai, bandara, ground­handling, AirNav, dan Pertamina sebagai penyedia bahan bakar pesawat dan inflight catering.

Baca juga : Pengawasan Kegiatan di Jakarta Diperketat Mulai Pukul 7 Malam

“Sebenarnya, saling support ini dapat melebar ke industri penginapan atau hotel, destinasi wisa­ta, restoran dan lainnya. Karena dari kerja sama ini, industri aviasi serta ekosistemnya dapat bertahan,” terang Handy, kemarin.

Dia pun memastikan, koordi­nasi dengan berbagai maskapai juga telah dilakukan demi menge­fisienkan operasional. Termasuk, berkordinasi dengan Kemente­rian BUMN dan Kementerian Perhubungan, untuk bersama-sama memikirkan cara membantu industri transportasi udara ini dari tekanan Covid-19.

“Sebagai regulator dan pem­bina teknis, Pemerintah juga berkepentingan menjaga industri penerbangan bertahan di tengah bangkrutnya beberapa maskapai dunia,” pungkas Handy. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.