Dark/Light Mode

Nasabah UMKM Mandiri Syariah Optimistis Bertahan Di Tengah Pandemi

Senin, 11 Januari 2021 14:16 WIB
Nasabah UMKM PT Bank Syariah Mandiri, M Benhardi (bawah( Pemilik usaha industri pengolahan minuman dalam kemasan, Jenisa. (Foto: Mandiri Syariah)
Nasabah UMKM PT Bank Syariah Mandiri, M Benhardi (bawah( Pemilik usaha industri pengolahan minuman dalam kemasan, Jenisa. (Foto: Mandiri Syariah)

 Sebelumnya 
Pria yang akrab disapa Pak Ben ini bilang, untuk bertahan dalam kondisi saat ini, ia membuka usaha baru berupa kedai kopi dengan sasaran pelanggan masyarakat lokal yang berbeda dengan produk jenisa yang pelanggannya para wisatawan.

"Untuk produk Jenisa saya sudah bekerja sama dengan agen-agen dan toko oleh oleh yang relatif besar, sehingga cukup dikenal masyarakat," jelasnya.

Baca juga : Pemerintah Jamin Keamanan Data Penerima Vaksin Covid-19

Harga minuman yang ditawarkan ke pelanggan juga sangat kompetitif, dengan sasaran pelanggan nasabah yaitu toko oleh oleh di Kuningan, Cirebon dan sekitarnya. Tempat usaha dibangun khusus oleh nasabah tidak jauh dari tempat tinggal nasabah dengan bangunan permanent.

Adapun teknis penjualan produk nasabah ke toko toko oleh-oleh didukung oleh beberapa unit kendaraan roda 4, sehingga memudahkan pengiriman barang. Dari keuntungan usaha tersebut nasabah sudah memiliki beberpa aset berupa rumah dan kendaraan.

Baca juga : Ada UU Cipta Kerja, Kadin Optimis Investasi Tahun Ini Meroket

"Selain itu, strategi lain saya lebih banyak sedekah, bagaimana belajar di lapangan. Ke depan harapannya saya bisa mengembangkan perusahaan sendiri, membuat sirup dengan kemasan sachet seperti madu. Saya optimis akan tetap bertumbuh dan terus berinovasi," ujarnya.

Selain itu, Mandiri Syariah juga memberikan insiatif relaksasi di tengah pandemi. Ke depan, Mandiri Syariah yang akan bergabung atau merger dengan bank syariah lainnya dalam PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), akan tetap fokus memberikan pembiayaan ke UMKM di atas benchmark yang ditentukan oleh regulator atau di atas porsi 20 persen.

Baca juga : Fitur E-Mas Mandiri Syariah Raup Transaksi Rp 5,14 Miliar

"Insya Allah ada beberapa program BSI di antaranya pembiayaan KUR bertahap. Juga bekerja sama dengan Bank Wakaf Mikro (BWM) ke pembiayaan kepada pesantren, akan disiapkan pula format pelatihan UMKM," sebut manajemen Mandiri Syariah dalam keterangannya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.