Dark/Light Mode

Wow, Kini Banyak Aplikasi Belajar Aksara Nusantara Loh

Senin, 18 Januari 2021 13:24 WIB
Penyelenggaraan lomba membaca aksara Jawa tingkat SMP/SMA di Balai Desa Lerep, Semarang, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diselenggarakan  Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. (Foto : Istimewa).
Penyelenggaraan lomba membaca aksara Jawa tingkat SMP/SMA di Balai Desa Lerep, Semarang, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diselenggarakan  Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah tingginya euforia kaum muda mengenal bahasa dan aksara Korea Selatan (korsel), kecintaan terhadap bahasa dan aksara Nusantara dari negeri sendiri, tidak boleh ketinggalan. Kini, untuk masyarakat yang ingin belajar dan mengenal aksara Nusantara bisa mengaksesnya melalui aplikasi.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Harimansyah mengatakan, saat ini, aksara Nusantara memang kurang terekspos. Dan, hanya berkembang di kalangan khusus atau pecinta aksara saja. Tetapi, untuk yang ingin mengenalnya bisa mengakses melalui aplikasi.

Baca Juga : Ketua Soksi Ali Wongso Dukung Perpres Penanggulangan Ekstremisme

"Sebenarnya upaya pelestarian sudah banyak. Salah satunya aplikasi di smartphone, khususnya di aksara Jawa misalnya, menuntun kita baik dalam bentuk kamus atau penulisan aksara," ucap Ganjar kepada Rakyat Merdeka.

Mantan Kepala bidang dan Koordinator Kelompok Layanan Profesional Perlindungan Bahasa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini menceritakan, tiga bulan lalu, sempat memberikan pelatihan aksara Jawa kepada para pelajar tingkat SMP/SMA dengan menggunakan aplikasi.

Baca Juga : Sungai Pengkol Meluap, 33 Rumah Dan 120 Warga Terendam Banjir

Menurutnya, sudah ada puluhan bahkan hampir ratusan aplikasi Android aksara Jawa, Sunda, Lampung, Batak Karo dan beberapa aksara daerah lainnya.

Dari kamus besar Bahasa Indonesia, aksara Nusantara merupakan ragam aksara atau tulisan tradisional yang digunakan di wilayah Nusantara. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada aksara-aksara abugida turunan Brahmi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia pra-kemerdekaan. Dari pengamatan Rakyat Merdeka, memang ada ratusan aplikasi untuk kata kunci Aksara di Playstore maupun iOS.

Baca Juga : Menteri Teten Rampingkan Jabatan Pejabat Eselon I Kemenkop UKM

Belum lagi jika secara spesifik menuliskan kata kunci aksara Jawa, aksara Bali, maupun aksara lainnya. Untuk aksara Jawa hampir mencapai 40 lebih aplikasi mulai dari kamus, hingga penulisan aksara Jawa.

Di antaranya Aksara Jawa, Aksara Jawa: Nulis Aksara Jawa, Menulis Aksara Jawa Kuno, Hanacaraka dan masih banyak lainnya. Untuk aksara Batak Karo di antaranya aplikasi bernama Aksara Batak, Partuturon Batak Toba dan Aksara Indonesia.
 Selanjutnya