Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wow, Kini Banyak Aplikasi Belajar Aksara Nusantara Loh

Senin, 18 Januari 2021 13:24 WIB
Penyelenggaraan lomba membaca aksara Jawa tingkat SMP/SMA di Balai Desa Lerep, Semarang, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diselenggarakan  Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. (Foto : Istimewa).
Penyelenggaraan lomba membaca aksara Jawa tingkat SMP/SMA di Balai Desa Lerep, Semarang, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diselenggarakan  Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah tingginya euforia kaum muda mengenal bahasa dan aksara Korea Selatan (korsel), kecintaan terhadap bahasa dan aksara Nusantara dari negeri sendiri, tidak boleh ketinggalan. Kini, untuk masyarakat yang ingin belajar dan mengenal aksara Nusantara bisa mengaksesnya melalui aplikasi.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Harimansyah mengatakan, saat ini, aksara Nusantara memang kurang terekspos. Dan, hanya berkembang di kalangan khusus atau pecinta aksara saja. Tetapi, untuk yang ingin mengenalnya bisa mengakses melalui aplikasi.

Baca juga : `5 Siap` Jadi Syarat Belajar Tatap Muka

"Sebenarnya upaya pelestarian sudah banyak. Salah satunya aplikasi di smartphone, khususnya di aksara Jawa misalnya, menuntun kita baik dalam bentuk kamus atau penulisan aksara," ucap Ganjar kepada Rakyat Merdeka.

Mantan Kepala bidang dan Koordinator Kelompok Layanan Profesional Perlindungan Bahasa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini menceritakan, tiga bulan lalu, sempat memberikan pelatihan aksara Jawa kepada para pelajar tingkat SMP/SMA dengan menggunakan aplikasi.

Baca juga : Galaxy A01 Bantu Siswa Belajar Jarak Jauh

Menurutnya, sudah ada puluhan bahkan hampir ratusan aplikasi Android aksara Jawa, Sunda, Lampung, Batak Karo dan beberapa aksara daerah lainnya.

Dari kamus besar Bahasa Indonesia, aksara Nusantara merupakan ragam aksara atau tulisan tradisional yang digunakan di wilayah Nusantara. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada aksara-aksara abugida turunan Brahmi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia pra-kemerdekaan. Dari pengamatan Rakyat Merdeka, memang ada ratusan aplikasi untuk kata kunci Aksara di Playstore maupun iOS.

Baca juga : Wamendes Budi Arie Resmikan Aplikasi Smart Desa di Subang

Belum lagi jika secara spesifik menuliskan kata kunci aksara Jawa, aksara Bali, maupun aksara lainnya. Untuk aksara Jawa hampir mencapai 40 lebih aplikasi mulai dari kamus, hingga penulisan aksara Jawa.

Di antaranya Aksara Jawa, Aksara Jawa: Nulis Aksara Jawa, Menulis Aksara Jawa Kuno, Hanacaraka dan masih banyak lainnya. Untuk aksara Batak Karo di antaranya aplikasi bernama Aksara Batak, Partuturon Batak Toba dan Aksara Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.