Dark/Light Mode

Supriansa: Tindak Semua Pelaku Rasis Tanpa Pandang Bulu

Jumat, 29 Januari 2021 21:09 WIB
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar, Supriansa. (Foto: ist)
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar, Supriansa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar, Supriansa berharap, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada Kapolda, Kapolres atau jajarannya di seluruh Indonesia untuk memproses hukum siapapun pelaku Rasis tanpa pandang bulu. 

Menurut Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Partai Golkar ini, tindakan yang saling mencederai adalah salah satu bentuk pertentangan kebhinekaan kita sebagai negara yang besar dan majemuk dari berbagai etnis, suku, dan agama.

Berita Terkait : Supaya Vaksinasi Lancar, Deddy Sitorus Minta Pemerintah Perbaiki Komunikasi Dan Sosialisasi

“Kita sebaiknya saling menguatkan bukan justru saling melemahkan dalam bermasyarakat dan berbangsa,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, Jumat (29/1).

Supriansa mengatakan, Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektonik (UU ITE) menyebutkan setiap orang dilarang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Baca Juga : DVI Polri Berhasil Identifikasi Jenazah Pilot Sriwijaya

“Mereka yang melanggar, kata dia, akan kena sanksi sesuai pasal 45 ayat 2 Undang-Undang ITE,” ujarnya.

Dalam pasal itu, kata dia, setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat 2 dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar. [DIT]