Dark/Light Mode

Operasional Dan Layanan Tetap Berjalan

Tahun 2020, Asabri Salurkan Dana Pensiun Rp 15,5 Triliun

Rabu, 3 Februari 2021 17:49 WIB
Ilustrasi gedung Asabri. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gedung Asabri. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Direktur Utama Asabri Wahyu Suparyono menegaskan bahwa operasional tetap berjalan dengan normal sebagaimana mestinya, hak-hak peserta merupakan prioritas utama bagi kami, kerja keras di tahun 2020 merupakan perwujudan dan komitmen atas misi Asabri yakni meningkatkan kesejahteraan Peserta Asabri

Ia menambahkan melalui pengembangan sistem layanan berbasis teknologi dan peningkatan manfaat asuransi sosial, Asabri juga didukung oleh pengembangan sumber daya manusia yang berintegritas dan berakhlak serta pengelolaan investasi yang tepat.

Dalam bidang layanan, Wahyu mengatakan berbagai terobosan untuk meningkatkan layanan kepada peserta telah dilakukan Asabri sepanjang tahun 2020. Launching aplikasi Aaabri Mobile berbasis Android pada bulan Juni 2020 menunjukkan komitmen Asabri dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan layanan dan kemudahan bagi peserta.

Baca juga : Kinerja Kinclong, Unit Syariah Bank DKI Salurkan Pembiayaan Rp 5,99 Triliun

Selain dapat mengetahui besar premi yang telah disetor dan nilai pengembangannya serta beberapa informasi lainnya, peserta juga dapat melakukan update data pribadi menggunakan Asabri Mobile tersebut.

Pada tahun 2020, Asabri telah bekerjasama dengan PT Taspen Life, perusahaan asuransi yang dimiliki oleh PT Taspen (Persero). Kerja sama ini bertujuan memberikan akses dan pilihan bagi peserta atas produk manfaat tambahan untuk meningkatkan proteksi dan kesejahteraan peserta.

Kerja sama ini akan terus ditingkatkan di tahun mendatang, melalui kerja sama kluster sebagaimana program Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara lain jangkauan wilayah dan ragam produk.

Baca juga : Wijaya Karya Berhasil Lunasi Komodo Bond Rp 5,4 Triliun

Ke depan, kerja sama dengan berbagai perusahaan terkemuka akan lebih banyak dijalin untuk memberikan alternatif peningkatan manfaat tambahan bagi peserta.

Dalam menanggapi informasi dan perkembangan terkait permasalahan hukum yang sedang dihadapi beberapa mantan pejabat Asabri yang beredar saat ini, Wahyu Suparyono dan Fary Djemy Francis selaku Komisaris Utama ASABRI menegaskan bahwa Direksi dan Dewan Komisaris beserta seluruh karyawan, sebagai warga negara yang taat dalam mengelola perusahaan milik negara akan mematuhi, mengikuti, dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan di Kejaksaan Agung, dengan tujuan untuk menindaklanjuti hal-hal yang memang perlu dilakukan.

Penanganan masalah hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung saat ini sudah memasuki tahap penetapan beberapa orang tersangka dan penyidikan masih terus dilakukan. Keduanya meyakinkan bahwa lancarnya kegiatan operasional dan layanan kepada peserta serta stakeholder menjadi komitmen Asabri.

Baca juga : Sepanjang 2020, Mandiri Syariah Kantongi Laba Rp 1,43 T

"Karena proses hukum adalah domain penegak hukum, maka fokus kami adalah terus melakukan pembenahan khususnya berkaitan dengan kesejahteraan peserta Asabri sesuai dengan mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku, serta melakukan penguatan satuan audit internal," ungkap Fary.

Dengan terus berbenah, meningkatkan layanan, mengoptimalkan kehati-hatian serta menjalankan catatan-catatan penting ini, Asabri bisa pulih dari sakit kehilangan kepercayaan publik (distrust) dan dapat tampil sebagai perusahaan yang sehat baik bagi manajemen maupun peserta," ujar Fary. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.