Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ekonomi UI Kompak Dukung Holding BUMN Pembiayaan UMi

Selasa, 9 Februari 2021 15:50 WIB
Ilustrasi usaha Ultra Mikro (UMi). (Foto: Istimewa)
Ilustrasi usaha Ultra Mikro (UMi). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan terbentuknya holding pembiayaan Ultra Mikro (UMi) milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diinisiasi pemerintah kini datang dari para pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI).

Dukungan muncul karena kehadiran integrasi BUMN untuk UMi diharap bisa menggenjot pengembangan ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan membawa sentimen positif dalam menciptakan ekonomi berkelanjutan.

Baca juga : Holding BUMN Buka Akses Pembiayaan Mikro Lebih Cepat

Ekonom Universitas Indonesia (UI) dan Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi menilai, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang akan menjadi koordinator holding ini memiliki kemampuan aset, jaringan, teknologi dan pendanaan yang mumpuni untuk mengurusi perusahaan-perusahaan calon anggota integrasi.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN berencana mengintegrasikan ekosistem ultra mikro pada tiga BUMN, yang beranggotakan BRI, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Baca juga : Jokowi: Wajah Negara Ditentukan Pelayanan Publik

"Tentu multiplier effect dan jenjang pengembangan pelaku UMKM ke depan akan lebih baik. Dan memang segmen UMKM perlu diurusi serius karena kontribusi terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerjanya yang besar," katanya di Jakarta, Selasa (9/2).

Ia menilai, integrasi ini akan mendongkrak inklusi keuangan pada pelaku UMKM. Jaringan serta sumber dana murah yang dimiliki BRI bisa membantu Pegadaian dan PNM agar lebih efisien dalam mendukung serta menyalurkan program dan produk bagi UMKM. "Perlu diingat, pelaku UMKM saat ini banyak juga yang mendapat pembiayaan dari rentenir," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.