Dark/Light Mode

Luncurkan Pola Penggunaan Air Bersih Selama Pandemi, PUPR Apresiasi IWI

Kamis, 11 Februari 2021 15:22 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono disela-sela pemaparan penelitian Indonesia Water Institute (IWI) di gedung Kementerian PUPR, Kamis (11/2).(Foto: Istimewa)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono disela-sela pemaparan penelitian Indonesia Water Institute (IWI) di gedung Kementerian PUPR, Kamis (11/2).(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Water Institute (IWI) meluncurkan hasil penelitian tentang pola penggunaan air bersih oleh masyarakat selama masa pandemi Covid-19 di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini, Kamis (11/2).

Penelitian yang mengambil tema “Study of Clean Water Consumption Patterns during Covid-19 Pandemic” ini diluncurkan lewat kegiatan semi-webinar yang dilakukan secara virtual melalui platform zoom meeting.

Baca juga : Atasi Penuaan Dini Selama Pandemi Dengan Teh Hijau

Dalam sambutannya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono mengatakan, air bersih merupakan hal yang krusial dan telah ditetapkan sebagai salah satu isu prioritas oleh negara-negara anggota UNESCO diantara berbagai isu lainnya.

Ia menambahkan saat ini, ketika seluruh negara sedang berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan air bersih, tantangan baru muncul bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang belum selesai yaitu, untuk mencukupi kebutuhan air bersih yang meningkat untuk memastikan protokol kesehatan dalam hal ini mencuci tangan, dilaksanakan dengan baik.

Baca juga : Lonjakan Permintaan Listrik Usai Pandemi Kudu Diantisipasi Dari Sekarang

Hasil kajian IWI, menurut Basuki, ini akan menjadi masukan yang berharga bagi Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian PUPR, dalam upaya meningkatkan ketahanan air nasional.

Survei disampaikan secara virtual Chairman dan Founder IWI, Firdaus Ali. Dalam pemaparan hasil penelitian ini, Firdaus membeberkan sejumlah temuan penting. Pertama, ditemukan adanya perubahan pola penggunaan air bersih selama masa pandemi. Terdapat peningkatan kebutuhan air bersih sebanyak 2 hingga 3 kali keadaan normal (sebelum Pandemi Covid 19).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.