Dark/Light Mode

Gold for Work Pegadaian Pecahkan Rekor MURI

Sabtu, 6 April 2019 20:30 WIB
Menteri Rini M Soemarno (tengah) menyimak Program Gold for Work Pegadaian di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (6/4). (Foto: Humas BUMN)
Menteri Rini M Soemarno (tengah) menyimak Program Gold for Work Pegadaian di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (6/4). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat sampah dalam meningkatkan nilai ekonomi, PT Pegadaian (Persero) menggelar acara bersih-bersih dengan tema Gold for Work.

Kegiatan tersebut merupakan program padat karya pemerintah, yang berkolaborasi dengan program sosial Pegadaian. Kegiatan ini diadakan secara serentak di 12 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan melibatkan 6.000 orang.

Baca juga : Tembus Rp 2 Triliun, Wika Pecahkan Rekor Laba Bersih

Peserta yang terlibat dalam kegiatan Gold for Work ini, mendapatkan imbalan berupa tabungan emas. Pembukaan tabungan emas dari hasil Gold for Work di 12 kota itu, berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, Gold for Work ini adalah bentuk kepedulian Pegadaian terhadap lingkungan, serta terhadap ekonomi masyarakat di Indonesia.  

Baca juga : Polda Metro Jaya Benarkan Pemukulan Penyelidik KPK

"Ini merupakan program pemerintah yang dikolaborasikan dengan program sosial Pegadaian. Memilah sampah menjadi tabungan emas. Setiap peserta yang ikut Gold for Work, akan diberikan upah berupa tabungan emas. Selanjutnya, masyarakat dapat menambah saldo tabungan emas di outlet-outlet Pegadaian. Melalui ATM atau menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS)," terang Kuswiyoto.

Ia menjelaskan, untuk menukar sampah menjadi emas harus melalui proses terlebih dahulu. Dalam hal ini, Pegadaian akan memilah sampah organik dan non organik, ditimbang, dan dinilai harganya. Selanjutnya, tim Pegadaian akan menetapkan harganya untuk ditukar dengan tabungan emas.

Baca juga : Sandi: Pelaku Teror Tak Ingin Pemerintahan Bersih

"Dengan cara ini, lingkungan kita akan menjadi lebih bersih. Selain itu, ekonomi kita juga akan meningkat karena memiliki tabungan emas, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan," papar Kuswiyoto.

Dalam kegiatan Gold for Work di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (6/6), Pegadaian menyerahkan bantuan kepada warga Sumenep berupa bangunan bank sampah, mesin pres, mesin pencacah plastik, sepeda motor bak sampah, dan berbagai peralatan lainnya senilai Rp 336,8 juta. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.