Dark/Light Mode

Dorong Pembangunan Ekonomi, Toyota Perluas Ekspor

Selasa, 9 April 2019 19:08 WIB
Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono (tengah) menerima penghargaan Anugerah Indonesia Maju sebagai Korporasi Merah Putih dari Founder Rakyat Merdeka Margiono (kiri) dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (8/4) malam.
Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono (tengah) menerima penghargaan Anugerah Indonesia Maju sebagai Korporasi Merah Putih dari Founder Rakyat Merdeka Margiono (kiri) dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (8/4) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan terus menambah jumlah negara tujuan ekspor baru. Hal ini guna meningkatkan perekonomian nasional.

Hal tersebut dikatakan oleh Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono kepada Rakyat Merdeka usai menerima penghargaan Anugerah Indonesia Maju sebagai Korporasi Merah Putih dari Rakyat Merdeka dan Warta Ekonomi di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (8/4) malam.      

"Peningkatkan ekpor tidak hanya untuk trade balance saja, tapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat lebih luas lagi," ujarnya.

Baca juga : JK: Pemilu Aman, Ekonomi Tetap Jalan

Menurut dia, saat ini, pemerintah sudah memberikan kemudahan kepada industri untuk meningkatkan volume ekspor dan mengembangkan negara-negara tujuan baru. 

Dia pun optimis, pemilu akan berjalan lancar dan aman. Investasi sektor manufaktur juga akan meningkat. Dia juga mengajak, perusahaan lain juga ikut berperan aktif dalam pembangunan Indonesia.

Sepanjang Januari-Februari 2019, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil ekspor mobil utuh (Complete Build Up/CBU) 30.550 unit. Jumlah ini naik tipis sekitar 4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 29.500 unit. 

Baca juga : Difitnah Setting Kemenangan Jokowi 75 Persen, KPU Siap Lapor Ke Polri

Fortuner menjadi primadona ekspor. Total pengapalan Fortuner pada periode tersebut mencapai 7.890 unit. Fortuner berkontribusi sebesar 26 persen pada dua bulan pertama 2019.

Kontributor kedua Agya atau disebut Toyota Wigo di negara tujuan ekspornya. Jumlahnya mencapai 5.900 unit atau 19 persen dari total performa ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota. Dan, tempat ketiga diduduki oleh model SUV kecil Rush dengan total 5.330 unit 17 persen. 

Selain tiga model ekspor favorit tadi ada juga Vios 3,270 unit, Avanza 4.180 unit, Town Ace/ Lite Ace 2.280 unit, serta Kijang Innova, Sienta, dan Yaris dengan total 1.700 unit.

Baca juga : PUPR Bangun Embrio Pusat Pertumbuhan Baru

Sementara terkait dengan penghargaan yang diterima, Warih mengatakan, akan menjadi pemecut perusahaan untuk terus bekerja lebih baik dan berkontribusi kepada negara. 

Untuk diketahui, Anugerah Indonesia Maju merupakan penghargaan atau apresiasi kepada para tokoh-tokoh di Indonesia yang telah memberikan kontribusi yang nyata untuk Indonesia. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.