Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hidupkan Bandara Kertajati

Basuki Ngajak Keroyok Proyek Tol Cisumdawu

Senin, 5 April 2021 05:42 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto. (Foto : Istimewa).
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mematok proyek Tol Cisumdawu, Jawa Barat, rampung akhir tahun ini. Ruas ini diharapkan bisa meningkatkan mobilitas masyarakat ke Bandara Internasional Kertajati.

Bandara Kertajati bela­kangan ini menjadi sorotan publik pasca Presiden Jokowi mengusulkan bandara ini men­jadi bengkel pesawat. Usulan ini disampaikan mantan Gubernur DKI tersebut, karena bandara dibangun menghabiskan dana Rp 2,6 triliun itu, sepi peng­gunjung.

Baca juga : Menteri PUPR Berupaya Selesaikan Sengketa Lahan Di Tol Cisumdawu

Untuk menggairahkan Ban­dara Kertajati, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) me­nyampaikan 4 jurus. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menyebutkan, jurus pertama adalah mengem­balikan sebagian penerbangan dari Bandara Husein Sastrane­gara di Bandung, Jawa Barat ke Bandara Kertajati dengan tujuan untuk menata kembali rute penerbangan di kedua ban­dara tersebut. Hal itu juga seka­ligus untuk menanggulangi kepadatan di Bandara Husein Sastranegara.

“Kami telah meminta kepada stakeholder terkait untuk mem­persiapkan sarana dan prasarana bandara, penyesuaian izin bagi Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal, penataan rute dan koordinasi perubahan slot penerbangan,” kata Novie, da­lam keterangan resminya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Basuki Bicara Keras

Setelah penataan rute pener­bangan selesai, lanjut Novie, seluruh stakeholder penerbangan wajib segera mensosialisasikan secara intensif ke­pada masyarakat terkait pena­taan rute tersebut. Sehingga, masyarakat dapat terinformasi­kan secara baik.

Jurus kedua, Kemenhub akan berusaha mengoptimalkan konektivitas antara Bandara Kertajati dengan Pelabuhan Patimban. Menurutnya, kedua infrastruktur transportasi ini diharapkan akan menstimulasi arus barang jasa dan logistik di kawasan industri yang ada di Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

Baca juga : KPK Tetapkan Bupati Muara Enim Tersangka Suap Proyek Jalan

Novie menilai, konektivitas tersebut dapat lebih lancar apa­bila jalur akses Tol Cisumdawu rampung dikerjakan. Menurut­nya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyampaikan kemungkinan besar Desem­ber 2021 akan selesai dan ter­hubung.

“Artinya pergerakan penumpang di Kertajati akan men­jadi lebih baik setelah Desember 2021,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.