Dark/Light Mode

Hidupkan Bandara Kertajati

Basuki Ngajak Keroyok Proyek Tol Cisumdawu

Senin, 5 April 2021 05:42 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto. (Foto : Istimewa).
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Jurus ketiga, pemerintah ma­kan mengoptimalkan fungsi Bandara Kertajati. Antara lain, memberangkatkan calon jemaah haji dan umrah asal Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian selatan dan barat. Dan, jurus keempat, Kemenhub akan menjadikan Bandara Kertajati sebagai pusat pemeliharaan pesawat (mainte­nance repair overhaul/MRO) dalam rangka mengembangkan bisnis non penumpang di ban­dara tersebut.

“Kemenhub telah berdiskusi dengan TNI Angkatan Udara agar bisa melakukan perawatan pesawat milik TNI di Ban­dara Kertajati. Selain itu, Ke­menhub juga sudah melakukan koordinasi dengan PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Tbk. untuk membuka pusat pemeliharaan/perawatan pesawat di Bandara Kertajati,” tuturnya.

Baca juga : Menteri PUPR Berupaya Selesaikan Sengketa Lahan Di Tol Cisumdawu

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta, seluruh pihak terkait terus berkoordinasi dan berupaya keras untuk mempercepat pembebasan lahan, sehingga penyelesaian Tol Cisumdawu sesuai target akhir 2021.

“Masalah pembebasan lahan ini saya minta dikeroyok agar konstruksinya bisa cepat bergerak. Karena konstruksi hanya dapat berjalan cepat jika lahan sudah tersedia,” katanya.

Baca juga : Basuki Bicara Keras

Dia menuturkan, mekanisme pembebasan lahan sudah memi­liki aturan main. Jika tidak terjadi kesepakatan harga, maka dilakukan konsinyasi atau titip uang ganti rugi di pengadilan.

Jika seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu beroperasi, akan ter­hubung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati. Waktu tem­puh dari Bandung yang semula sekitar 3 jam hanya menjadi 1 jam. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.