Dark/Light Mode

Citigroup Hengkang Dari Bisnis Ritel Banking Indonesia, Gimana Nasib Nasabah?

Jumat, 16 April 2021 12:03 WIB
Ilustrasi. Citi bank (Foto :REUTERS/Mike Segar)
Ilustrasi. Citi bank (Foto :REUTERS/Mike Segar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan raksasa keuangan asal Amerika Serikat (AS) Citigroup memutuskan untuk mencabut layanan bisnis retail bankingnya dari 13 negara, termasuk Indonesia.

Dalam sebuah pernyataan pers, Citigroup menyatakan akan berhenti memberikan layanan retail bankingnya di Australia, Bahrain, China, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Polandia, Rusia, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Kini, Perusahaan itu memilih fokus pada bisnis Global Consumer Bank di Asia dan EMEA pada empat global wealth center. Keputusan tersebut diumumkan CEO Citi Jane Fraser dalam keterangan resminya, Jumat (16/4).

Baca juga : KLHK Gelar Wisata Alam Virtual

Sehubungan dengan rencana tersebut, CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi, menyatakan, penyegaran strategi oleh Citi ini akan menciptakan peluang besar bagi pihaknya, untuk menawarkan nilai proposisi yang berbeda dan unik kepada para klien.

"Saat kami memasuki fase baru pertumbuhan dan transformasi yang berfokus pada bisnis perbankan institusional kami," ucapnya.

Dikatakan Batara, Citi Indonesia telah berada di Indonesia sejak 1968 dengan tim yang penuh dedikasi, dan basis klien kuat yang telah berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Baca juga : Telkom Buka Peluang Bisnis Raup Penghasilan Hingga Jutaan Rupiah, Begini Caranya

Saat ini Citi Indonesia melayani 90 persen dari 20 perusahaan terbesar di Indonesia. Di mana pada tahun lalu perusahaan mengumpulkan dana sebesar lebih dari 10 miliar dolar AS untuk para klien Citi di Indonesia.

"Tidak akan ada perubahan langsung pada operasi kami di Indonesia, dan tidak ada dampak langsung terhadap para karyawan kami setelah pengumuman ini," tegasnya.

Untuk saat ini, kata Batara, Citi Indonesia akan terus melayani klien dan nasabah dengan penuh perhatian, empati, dan dedikasi yang sama seperti yang dilakukan selama ini. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.