Dark/Light Mode

Dipastikan Terbentuk Tahun Ini

Holding Hotel BUMN Mau Ngalahin Accor Dan Marriott

Minggu, 20 Juni 2021 05:40 WIB
Lima BUMN sepakati bentuk holding hotel BUMN. (Foto : BUMN).
Lima BUMN sepakati bentuk holding hotel BUMN. (Foto : BUMN).

 Sebelumnya 
Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Mahendra Vijaya menjelaskan, transaksi yang dilakukan entitas Grup Wika itu senilai Rp 1,56 miliar.

Objek transaksi adalah pengam­bilalihan saham milik Patra Jasa sebanyak 1.470 lembar saham, atau setara 49 persen dari saham yang telah ditempatkan dan dise­tor di HIG dengan skema jual beli.

“Nilai transaksi yang tidak me­lebihi jumlah Rp 5 miliar mem­buat transaksi ini dikecualikan dari ketentuan POJK.42/2020,” jelas Mahendra dalam keterbu­kaan informasi, Rabu (16/6).

Baca juga : Pejabat BUMN Harus Siap Dipilih Dan Dicopot

Sebelumnya, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, dengan ditandatanganinya CSPA, maka HIG memiliki pemegang saham baru, yaitu HIN sebesar 51 persen dan Wika Realty 49 persen.

Pria yang akrab disapa Tiko ini menuturkan, pembentukan holding hotel merupakan lang­kah untuk mengoptimalkan dan meningkatkan nilai hotel-hotel BUMN.

“Proses CSPA ini memasuki tahapan dan tonggak baru bagi hotel BUMN,” kata Tiko.

Baca juga : Berbagi Kegembiraan Lebaran Di Hongaria Dengan Opor Dan Ketupat

Dia menegaskan, konsolidasi bisnis hotel-hotel BUMN dilak­sanakan sejalan, dengan upaya menjadikan BUMN sebagai institusi bisnis yang kompetitif.

Sekaligus mengatur lini bisnis hotel BUMN, sehingga BUMN in­duk yang sebelumnya membawahi anak-anak usaha hotel, dapat fokus menjalankan bisnis intinya.

Lebih lanjut mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini menjelaskan, pembentukan holding hotel merupakan upaya efisiensi.

Baca juga : Jokowi Dipastikan Tak Mudik, Fadjroel Batalkan Tiket Pulkam

Selain itu, menjadikan BUMN sebagai global player yang berperan penting mendukung industri kepariwisataaan. Serta kegiatan perekonomian Indone­sia pada umumnya.

Pada akhirnya, BUMN melalui HIG akan menjadi operator hotel terbesar ketiga di Indonesia dengan mengelola lebih dari 100 unit hotel milik BUMN.

“Sebelum sampai ke tahap ini, HIG pada April 2021 telah melaksanakan rebranding,” ka­tanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.