Dark/Light Mode

Airlangga: Pembangunan SDM dan Digitalisasi Kendaraan Menuju Ekonomi Baru

Rabu, 23 Juni 2021 20:51 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram/airlanggahartarto_official)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram/airlanggahartarto_official)

 Sebelumnya 
Airlangga menyampaikan, digitalisasi merupakan salah satu “kendaraan” yang mempercepat transformasi menuju ekonomi baru yang memiliki nilai tambah lebih tinggi. Pemerintah bekerja sama dengan swasta membantu seluruh pihak (usaha mikro kecil) untuk on boarding dan melakukan servisifikasi. Upaya tersebut akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta peningkatan ekspor. 

“Diharapkan dengan melakukan on boarding dan servisifikasi, Indonesia dapat keluar dari middle income trap lebih cepat, yaitu pada tahun 2037,” ucap Airlangga.

Baca juga : Pembangunan Ibu Kota Negara Akan Perhatikan Kearifan Lokal

Dalam mendukung upaya adopsi teknologi digital, tentunya diperlukan kesiapan infrastruktur digital. Pemerintah berencana membangun infrastruktur digital dengan perluasan 4G di seluruh desa yang belum terjangkau 4G, membangun pusat data nasional di beberapa wilayah, dan merencanakan spectrum refarming secara bertahap dan piloting implementasi terbatas 5G. 

Dalam kesempatan itu, Airlangga menyampaikan dukungan terhadap peningkatan daya saing dan ekonomi digital. “Kolaborasi serta sinergi dari seluruh stakeholders sangat diperlukan untuk merumuskan kebijakan yang mendukung ekosistem tersebut,” ucapnya.

Baca juga : Airlangga: Berkat Rekomendasi BPK, Kebijakan Ekonomi Di Masa Pandemi Jadi Makin Joss

Di akhir pidatonya, Airlangga mengucapkan selamat ke seluruh civitas akademika Perbanas Institute yang merayakan Dies Natalis ke-52. “Semoga Perbanas Institute dapat terus menjadi Perguruan Tinggi yang terdepan dalam bidang ekonomi keuangan dan perbankan berbasis teknologi informasi,” tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.