Dark/Light Mode

Garansi Pasokan Listrik Di Blok Rokan

PLN Caplok 100 Persen Saham Chevron Di MCTN

Rabu, 7 Juli 2021 05:20 WIB
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini  (Foto : Istimewa).
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Saat ini dan rencana ke depan, pada sistem besar PLN seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi memiliki reserve margin yang cukup besar sekitar 40 sampai 50 persen untuk dapat melayani kebutuhan industri migas,” jelas Zulkifli.

Regional Director Chevron Standard Limited, Jennifer Fer­ratt berharap, dengan tuntasnya proses ini, diharapkan transisi di MCTN dapat berjalan lancar dan selaras dengan transisi Blok Ro­kan ke Pertamina Hulu Rokan.

Baca juga : PLN Amankan Pasokan Listrik Buat Blok Rokan

Cadangan Minyak Nasional

Menteri ESDM Arifin Tas­rif menambahkan, Blok Rokan menyimpan potensi cadangan minyak yang sangat besar. Maka dari itu, untuk bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi negara, dibutuhkan strategi yang baik.

Baca juga : PLN Jaga Pasokan Listrik Di Rumah Sakit Dan Fasilitas Kesehatan

Dengan kesepakatan ini, maka PLN akan meneruskan peman­faatan PLTG North Duri Cogen, sebelum pasokan listrik WKB Rokan disuplai oleh jaringan interkoneksi sistem Sumatera. “PLN harus memastikan jaminan pasokan listrik bagi Blok Rokan, sehingga Pertamina mampu menjaga keberlanjutan produksi 25 persen minyak na­sional,” pintanya.

Untuk itu, lanjut Arifin, pem­bangkit listrik harus andal dengan biaya yang lebih efisien. Sehingga, dapat memberikan manfaat yang jauh lebih baik bagi bangsa dan negara.

Baca juga : Baiknya Kejar Pajak Perusahaan Digital

Senada, Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury turut mengapresiasi kelancaran proses akuisisi. Diharapkannya, hal ini dapat menuntaskan perpindahan kepemilikan MCTN dengan baik. Dia meminta, agar proses transisi dalam satu bulan ini dapat berjalan beriringan dengan wilayah kerja Rokan dari Chevron ke Pertamina dengan lancar.

“Blok Rokan sangat strategis bagi Indonesia karena memproduksi 25 persen produksi minyak nasional,” pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.