Dark/Light Mode

Pandemi Corona Pukul UMKM

Duh, 605.702 Usaha Kecil Turun Kelas Ke Level Mikro

Jumat, 9 Juli 2021 21:00 WIB
Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia Ivander Wijaya hadir dalam diskusi Alinea Forum bertajuk ‘Kebangkitan UMKM Penyelamat Ekonomi’ secara virtual, Kamis (8/7/2021). (Foto: Istimewa)
Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia Ivander Wijaya hadir dalam diskusi Alinea Forum bertajuk ‘Kebangkitan UMKM Penyelamat Ekonomi’ secara virtual, Kamis (8/7/2021). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pemaparan Pelaku UMKM dan pemilik usaha kopi asal Palembang Beskabean Coffee Roastery Hendra Susanto mengkonformasi pemahaman dunia digital diperlukan agar UMKM bisa bertahan. Menurutnya, pandemi Covid-19 memukul usahanya tersebut.

Untuk mengantisipasi penjualan yang terjun bebas, Hendra berinisiatif membuka toko online di Tokopedia. Awalnya terasa sulit karena toko dia belum dikenal luas oleh konsumen.

Baca juga : Fadjroel Turun Kelas

“Namun pelan-pelan saya mencoba membuka inovasi dengan fitur-fitur yang tersedia di Tokopedia, agar produk lebih dikenal luas oleh publik. Sejak saat itu penjualan meningkat hingga sekarang,” ujar Hendra.

Agar pelaku UMKM tak terpuruk, menurutnya, lokal pasar (marketplace) bisa jadi jalan keluar kala pandemi.

Baca juga : Sandi Dorong Pelaku Usaha Parekraf Terapkan K4

“Harusnya di era pandemi ini kita mudah bangkit karena marketplace bisa mendorong penjualan lebih banyak dan bisa menjangkau kemana-mana,” jelas Hendra.

Sementara Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia Ivander Wijaya mengaku, pihaknya memiliki inisiatif Hyperlocal, yaitu cerminan dari komitmen Tokopedia untuk mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pelaku UMKM Padukan Konsep Usaha Dan Pariwisata

“Tokopedia menyadari bahwa untuk mencapai misi mendorong pemerataan ekonomi, UMKM lokal memainkan peran penting dalam menggerakkan ekonomi daerah. Untuk itu, lewat inisiatif Hyperlocal, kami secara rutin mengadakan berbagai pelatihan dan pendampingan erat kepada UMKM di daerah-daerah lewat webinar dan gathering online, yang menjadi wadah untuk saling bertukar informasi,” pungkas Ivander. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.