Dark/Light Mode

Kemenperin Genjot Kualitas SDM

Ekonomi Digital Diharap Bisa Bawa RI Naik Kelas

Jumat, 3 Mei 2019 11:25 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. (Dok: Istimewa)
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. (Dok: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto optimistis implementasi ekonomi digital bakal membawa Indonesia naik kelas. Untuk itu, diperlukan penerapan peta jalan Making Indonesia 4.0 secara sinergi di antara pemangku kepentingan.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menetapkan 10 langkah prioritas nasional di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Salah satunya adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga : Menteri Luhut Ajak Santri Dan Mahasiswa Lawan Hoaks di Medsos

“Upaya strategis ini guna mengakselerasi pengembangan industri manufaktur nasional agar lebih berdaya saing global di era digital sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” tutur Airlangga, kemarin.

Ia mengatakan, Indonesia membutuhkan 17 juta orang yang akan bekerja di bidang ekonomi digital hingga 2030. “Sebanyak 4 persen akan bekerja di sektor manufaktur dan sisanya di jasa industri terkait,” katanya.

Baca juga : Kemenpar Kenalkan Digital Pariwisata Indonesia

Ia menegaskan, ekonomi digital bisa membawa Indonesia naik kelas dengan target menjadi negara berpendapatan level kelas menengah atas (upper middle income country) pada 2020.

“Digitalisasi ekonomi merupakan salah satu leapfrog strategy ke level selanjutnya, yakni lulus dari middle income trap,” tegasnya.

Baca juga : Pendamping Lokal Desa Bakal Naik Gaji

Airlangga mengungkapkan, Kemenperin telah menjalankan berbagai program peningkatan kompetensi SDM sesuai kebutuhan industri dalam memasuki era industri 4.0.

“Kami aktif mengajak keterlibatan industri agar mendukung program tersebut, seperti melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.