Dark/Light Mode

Kemenperin Genjot Kualitas SDM

Ekonomi Digital Diharap Bisa Bawa RI Naik Kelas

Jumat, 3 Mei 2019 11:25 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. (Dok: Istimewa)
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. (Dok: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ketua Perkumpulan Assessment Center Indonesia (PASSTI) Teuku Zilmahram menilai penting menerapkan Assessment Center untuk peningkatan mutu SDM dalam berbagai bidang bisnis, khususnya perusahaan yang sudah menerapkan teknologi digital.

“Kalau tidak dilakukan peningkatan mutu akan mengganggu bisnis yang sudah berjalan,” terang dia.

Baca juga : Menteri Luhut Ajak Santri Dan Mahasiswa Lawan Hoaks di Medsos

Jika perusahaan tersebut sudah sangat besar, maka SDM dalam organisasi harus bertransformasi agar mampu bertahan dan berkembang di era VUCA.

Di sinilah peran assessment center dibutuhkan. Assessment Center tidak hanya melakukan penilaian pada perusahaan raksasa tapi semua perusahaan yang telah memiliki organisasi dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga : Kemenpar Kenalkan Digital Pariwisata Indonesia

“Perusahaan apa pun selama ada kriteria yang jelas termasuk startup itu tetap membutuhkan assessment center. Di sini kita lihat startup jika ada unitnya, ada koordinatornya untuk memimpin orang, untuk mengarahkan, mengontrol, dalam perencanaan untuk mengatur semuanya itu bisa dilakukan assessment center,” ujarnya.

Zilmahram mengungkapkan, persoalan mutu management dan kualitas setiap individu sangat berperan dalam upaya perusahaan meningkatkan bisnis di era disruptif. Hal ini telah dibahas dalam kongres assessment center di London.

Baca juga : Pendamping Lokal Desa Bakal Naik Gaji

Dia bilang, dalam kongres di London di bahas tentang tantangan SDM di era kemajuan teknologi digital. "Sekarang dalam tren terakhir di kongres internasional asessment center di London tahun lalu sudah ditekankan tentang pemanfaatan teknologi. Karena teknologi itu tidak bisa dihindari,” terangnya. (ASI/JAR)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.