Dark/Light Mode

Sukses Uji Coba

Citilink Siap Terbang Komersial Perdana Dari Halim Ke Bandara YIA

Sabtu, 4 Mei 2019 10:25 WIB
Pose Bersama : Citilink dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361 ini sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 12.03 WIB yang bertolak dari CGK. (Dok : Humas Angkasa Pura I)
Pose Bersama : Citilink dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361 ini sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 12.03 WIB yang bertolak dari CGK. (Dok : Humas Angkasa Pura I)

 Sebelumnya 
Sebagai informasi, proving flight adalah proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan sebuah rute baru, dalam hal ini kaitannya dengan pengoperasian bandara baru. 

Proving flight ini dipimpin oleh Capt. Agus Setiono yang didampingi Capt. Teguh Kristiono dan Capt. Muh. Ali Imron, serta perwakilan dari Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Baca juga : Rishadi Fauzi Siap Menangkan Persija Di Piala AFC 2019

Lukman mengatakan, setelah proving flight berlangsung, Citilink akan mengoperasikan rute penerbangan komersial ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP) sebanyak 3 kali seminggu mulai Senin, 6 Mei 2019. 

Menyusul Citilink, penerbangan komersial selanjutnya yang rencananya bakal beroperasi adalah Batik Air dengan tujuan Samarinda, Palangkaraya, dan Cengkareng mulai 15 Mei 2019.

Baca juga : Besok, Wings Air Mulai Terbang Perdana Dari Jogja Ke Majalengka

Ditegaskan, fasilitas sisi udara (airside) YIA sudah siap 100 persen dengan panjang runway 3.250 meter, lebar 45 meter, dan shoulder (bahu runway) 15 meter di setiap sisi.

 Menurutnya, spefisikasi runway ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380. Adapun fasilitas Penyelamatan Kecelakaan Pesawat - Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di YIA masuk ke dalam Kategori 8.

Baca juga : OYO Caplok Perusahaan Rental Asal Amsterdam

"Di sisi darat (landside), terminal seluas 12.900 meter persegi sudah dapat digunakan, dari total 210.000 meter persegi pada saat full operation akhir 2019 nanti," katanya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.