Dark/Light Mode

Penumpang Merosot Akibat PPKM

BUMN Penerbangan Poles Layanan Kargo

Rabu, 28 Juli 2021 05:30 WIB
Ilustrasi. Angkutan Kargo Di Bandara Angkasa Pura II Melesat 30 Persen. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. Angkutan Kargo Di Bandara Angkasa Pura II Melesat 30 Persen. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Hingga 26 Juli 2021, jumlah calon penumpang pesawat yang menjalani vaksinasi di sentra vaksinasi bandara kelolaannya mencapai 50 ribu orang.

“Sejauh ini persyaratan pener­bangan di tengah pandemi cukup dinamis karena melihat situasi dan kondisi terkini. Dan bandara kami siap untuk selalu mengimplementasikan setiap peraturan yang berlaku,” tegas Awaluddin.

Baca juga : Stimulus Listrik Bantu Perekonomian Rakyat

Penurunan penumpang tak hanya terjadi di transportasi udara tetapi juga kereta api.

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pihaknya telah mengurangi jumlah perjalanan KA Jarak Jauh (JJ) sebanyak 40 persen. Dari rata-rata 348 perjalanan KAJJ dan Lokal di Juni 2021 menjadi sebanyak 208 KA per hari pada periode 3-25 Juli 2021.

Baca juga : Pengamat Puji BUMN Gercep Tangani Pandemi Corona

“Selama periode itu, pelang­gan Kereta Api turun 79 persen, hanya ada 18.423 pelanggan per hari, dibanding Juni 2021 sebanyak 86.514 pelanggan,” terangnya, kemarin.

Perseroan mengaku legowo atas penurunan tersebut aki­bat pembatasan mobilitas ma­syarakat, demi meminimalisir penyebaran Covid-19. Bahkan, selama pelaksanaan PPKM, pihaknya telah menolak mem­berangkatkan pelanggan KA yang tak memenuhi persyaratan perjalanan.

Baca juga : Tetap Terbang, Garuda Beri Pelayanan Optimal

“Mayoritas calon pelanggan yang ditolak berangkat karena tidak memiliki kartu vaksin, ini ada 10.865 orang,” katanya.

Untuk itu, perseroan juga me­nyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan KAJJ di 13 stasiun. Yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, dan Jember. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.