Dark/Light Mode

Di Bandara Yogya, Menteri Rini Beli Bon Cabe Pakai Link Aja

Selasa, 7 Mei 2019 15:51 WIB
Menteri Rini Soemarno (kiri) bersama Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, di stand UMKM Jogja, di Bandara Internasional Yogyakarta, Selasa (7/5). (Foto: Humas Angkasa Pura I).
Menteri Rini Soemarno (kiri) bersama Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, di stand UMKM Jogja, di Bandara Internasional Yogyakarta, Selasa (7/5). (Foto: Humas Angkasa Pura I).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan kunjungan kerja ke bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Selasa (7/6).

Rini terbang ke YIA dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta dengan jadwal penerbangan pukul 11.30 WIB dan tiba di YIA pada pukul 12.40 WIB. Ini merupakan penerbangan perdananya ke bandara baru tersebut setelah dibuka komersial pada Senin (6 /5) kemarin.

Tidak sendiri, Rini didampingi Sesmen BUMN Imam Apriyanto Putro, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Dirut Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Dirut PTPP Lukman Hidayat, serta Dirut AirNav Novie Riyanto dan Direktur Utama Metro TV Suryopratomo.

Setibanya di bandara, Rombongan disambut Tari Angguk Sigrak, yang merupakan seni tradisional khas Kulon Progo.

Baca juga : Pulihkan Banjir di Bengkulu, Menteri Rini Kerahkan BUMN

Rombongan juga disambut langsung oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I Devy Suradji, Direktur Operasional AP I Wendo Asrul Rose, dan Pelaksana General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama.

Tak berlangsung lama, Rini langsung bergegas melihat stand UMKM Galeri Jogja, milik Pemda DIY. Di stand ini, Rini memborong beberapa hasil kerajinan tangan. Bon cabe/sambel olahan dalam kemasan juga tak luput dari pengamatannya. Tanpa berpikir lama, beberapa bon cabe itu langsung ia bayar.

"Bu Menteri total belanja di sini Rp 680.000," tutur kasir stand UMKM kepada Rakyat Merdeka. Dalam transaksi pembayaran di stand ini, Mantan Direktur Astra International itu mencoba menggunakan fasilitas LinkAja melalui ponsel miliknya.

LinkAja merupakan layanan keuangan berbasis elektronik yang membuat transaksi bisa lebih lancar.  Dompet digital ini dimiliki Telkomsel, 4 Bank BUMN, Pertamina, Jiwasraya dan Danareksa. Sebelumnya T-cash sudah bersalin nama jadi LinkAja. 

Baca juga : Bandara NYIA Segera Operasi, Pertamina Siapkan Pasokan Avtur

Usai mengunjungi stand UMKM Jogja, Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan itu bergeser ke Stand Sarinah, di stand perusahaan pelat merah ini, Rini mencoba pakaian bercorak batik, terasa cocok, Ia langsung membayarnya, juga pakai aplikasi LinkAja. 

Sebelum meninggalkan bandara, Rini menyempatkan foto bersama bareng jajaran direksi dan karyawan Angkasa Pura I, Air Nav, dan Jasa Raharja. Ia juga sempat melayani beberapa pegawai bandara Yogyakarta yang memintanya berswa foto/selfie.

Pada kunker kali ini, Menteri Rini dijadwalkan meninjau proyek bandara Baru Yogyakarta yang belum selesai 100 persen. Beberapa bagian proyek yang dicek adalah Garbarata, Gerai UMKM, Ruang Tunggu Terminal Keberangkatan.

Setelah meninjau bandara, Rini bersama rombongan meninggalkan gedung terminal menuju fasilitas ibadah di bandara, Masjid Al Akbar. Di masjid tersebut Rini melakukan beberapa kegiatan sebelum akhirnya bertolak meninggalkan bandara. 

Baca juga : Menteri Rini: Rakyat Desa Harus Sejahtera

Sementara rombongan wartawan dari Jakarta, bersama Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji, humas AP I, melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.