Dark/Light Mode

Garuda Hormati Putusan Arbitrase LCIA, Skema Restrukturisasi Dipertimbangkan

Jumat, 10 September 2021 11:11 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia (Foto: Instagram)
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menegaskan, pihaknya menghormati dan menyikapi secara bijak putusan arbitrase oleh London Court of International Arbitration (LCIA), sebagai lembaga penyelesaian sengketa arbritase internasional,  terkait gugatan lessor pesawat.

"Untuk itu, kami akan melakukan koordinasi dengan kuasa hukum yang telah ditunjuk, untuk mempertimbangkan langkah yang dapat dilakukan oleh perseroan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam keterangan yang diterima RM.id, Jumat (10/9).

Baca juga : Hore, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Putusan LCIA tersebut merupakan tindak lanjut dari gugatan lessor pesawat Helice Leasing S.A.S dan Atterisage S.A.S ("Goshawk"), terkait kewajiban pembayaran sewa pesawat perseroan yang diajukan kepada LCIA, di awal tahun 2021.

Atas putusan arbitrase tersebut, saat ini Garuda Indonesia juga terus menjalin komunikasi intensif dengan Goshawk. Demi menjajaki kesepakatan terbaik dalam upaya penyelesaian kewajiban usaha perseroan, di luar proses hukum yang telah berlangsung.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi, OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit Hingga Maret 2023

Salah satu upaya dilakukan dengan mempertimbangkan kemungkinan penjajakan skema restrukturisasi, maupun strategi alternatif penunjang lainnya.

"Melalui komunikasi yang sejauh ini telah terjalin dengan baik, kami cukup optismistis penjajakan yang kami lakukan tersebut dapat menghasilkan kesepakatan terbaik, bagi seluruh pihak. Khususnya, dengan memperhatikan aspek keberlangsungan usaha di tengah tekanan kinerja industri penerbangan di masa pandemi ini," tutur Irfan.

Baca juga : Pengusaha Happy Restrukturisasi Kredit Diperpanjang

Sejalan dengan putusan LCIA, perseroan memastikan bahwa seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan akan tetap berlangsung dengan normal.

Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mengoptimalkan ketersediaan layanan penerbangan yang aman, nyaman dan sehat bagi seluruh penumpang melalui penerapan protokol kesehatan di seluruh lini operasionalnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.