Dark/Light Mode

Indonesia Sharia Economic Festival 2021

2.100 Produk Halal RI Siap Tembus Pasar Domestik Dan Global

Jumat, 8 Oktober 2021 13:33 WIB
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). (Foto: Ist)
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Rangkaian ISEF 2021 telah dimulai dengan adanya pelatihan digital bagi para pelaku UMKM produk halal bekerjasama dengan idea sejak 27 September 2021. Meskipun telah berjalan, namun bagi pelaku UMKM yang ingin bergabung masih berkesempatan untuk mendaftar.

Pendaftaran dapat diakses pada link yang ada di akun Instagram idEA dan Bangga Buatan Indonesia. Masih ada waktu untuk pelaku UMKM yang ingin berpartisipasi, karena pelatihan akan berlangsung hingga 29 Oktober mendatang.

Baca juga : Taitra Gelar Pekan Festival Halal Di Taiwan

Selain pelatihan, juga dilakukan live selling di mana konsumen dapat menemukan beragam produk halal mulai dari modest fashion hingga makanan halal. Konsumen dapat langsung mengunjunhi website ISEF www.isef.co.id. Konsumen dapat berbelanja seperti layaknya belanja online melalui platform e- commerce.

Ada kejutan menarik tahun ini, yakni pencanangan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Syariah. Disamping itu, dengan adanya fitur berbelanja sambil bersedekah, konsumen tidak hanya berbelanja untuk kesenangan pribadi tetapi turut membantu orang lain serta mendukung UMKM untuk terus berkarya. .

Baca juga : Gelar Event UKM Festival 2021, Kemenkop UKM Dorong UMKM PLUT Go Digital Dan Go Global

Indonesia memiliki keunggulan yang luar biasa dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. Sektor unggulan dalam industri halal Indonesia yaitu sektor fashion muslim dan makanan halal menduduki peringkat ke-3 dan ke-4 berdasarkan State of The Global Islamic Economy (SGIE) report 2020/2021.

Pangsa pasar makanan halal Indonesia mencapai 13 persen dari pasar global, merupakan yang terbesar di dunia. Jumlah penduduk muslim dunia yang mencapai 1,8 miliar atau 24 persen dari populasi global terus bertumbuh dan tentunya merupakan pasar potensial bagi industri halal.

Baca juga : Indonesia Terima 20.102 Vial Remdesivir Dari Kerajaan Belanda

Sementara di domestik, berdasarkan data Direktorat Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia muslim di Indonesia mencapai 86,88 persen. Kondisi ini jelas sangat menggiurkan dan Indonesia sebagai mayoritas muslim diharapkan mampu mengambil manfaat dari besarnya potensi pasar produk halal ini. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.