Dark/Light Mode

Tembus Pasar Ekspor Jepang Dan Malaysia, Nelayan Sikka Sukses Lewat BNI Xpora

Minggu, 31 Oktober 2021 12:30 WIB
Wakil Pemimpin BNI Wilayah 06 - Denpasar Mustakim (ketiga kanan) menyerahkan secara simbolis KUR Nelayan serta fasilitas Agen46 pada nelayan di Maumere, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (30/10). (Foto: Dok. BNI)
Wakil Pemimpin BNI Wilayah 06 - Denpasar Mustakim (ketiga kanan) menyerahkan secara simbolis KUR Nelayan serta fasilitas Agen46 pada nelayan di Maumere, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (30/10). (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Turut hadir secara virtual Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki dan Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal.

“Kalau ada kaitannya dengan UMKM, tinggal hubungi BNI Xpora pasti disupport. Pemerintah mendorong sekali terjadi peningkatan ekspor karena bukan pekerjaan mudah," ujar Hanung.

Hanung berharap ekspor di sektor perikanan ini memberikan sumbangan yang terbanyak. FishOn ini bisa menjadi model karena menghubungkan dari hulu hingga hilir, ini pengembangan yang positif dan perlu kita dukung bersama.

Baca juga : Kemenkop Ekspor Perdana 15 Ton Ikan Tuna Ke Malaysia Dan Jepang

"Mudah-mudahan ini jadi titik awal supaya kita bisa kembangkan lagi berikutnya di titik-titik lain,” ujar Hanung.

Sementara itu, BNI akan terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung UKM bertahan dari pandemi, mampu naik kelas, hingga berkesempatan menembus pasar ekspor.

"Kerja sama BNI dengan FishOn diharapkan dapat terus terjalin secara berkesinambungan dan berkelanjutan seiring dengan misi kami untuk mendorong pelaku UKM Nasional menembus pasar ekspor," urai Iqbal. 

Baca juga : RI Dan Malaysia Perkuat Kerja Sama Perbatasan

Adapun dalam kolaborasi ini, BNI memberikan solusi pembiayaan produktif untuk permodalan nelayan, termasuk dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pembiayaan yang sama juga bisa diberikan bagi nelayan sebagai modal perdagangan ikan dengan menjadi Sahabat Gemarikan.

FishOn, sudah  terimplementasi di daerah pesisir Ciwaru - Sukabumi, Prigi - Trenggalek dan terbaru ini di Sikka - Maumere. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.