Dark/Light Mode

Kebut Pemulihan Sektor Pariwisata

LPEI Salurkan Penjaminan Pemerintah Ke HOREKA Di Bali

Senin, 8 November 2021 09:10 WIB
Program Pemulihan HOREKA di Bali. (Foto: Istimewa)
Program Pemulihan HOREKA di Bali. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan ini, LPEI memberikan sertifikat penjaminan pemerintah kepada Bank Mandiri, BNI, Permata dan BPD Bali atas nama PT Griyabali Dwipa, PT Hotel Citra Rapi, PT Sixty Six Paradise Investasi, dan CV Santrian Beach Cottages.

JAMINAH ini memberikan akses fasilitas pembiayaan senilai Rp 166,1 miliar kepada 8 hotel. Diperkirakan lebih dari 4 ribu tenaga kerja, akan terlibat dari program JAMINAH di sektor pariwisata khususnya HOREKA.

Baca juga : Menteri Siti Ajak Para Sarjana Kehutanan Kawal Sumber Daya Alam

Gubernur Bali yang diwakili oleh Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Pariwisata Tjok Bagus Pemayung mengapresiasi langkah LPEI dan pemerintah, khususnya Kemenkeu dalam memberikan stimulus bagi sektor Pariwisata Bali yang sangat terdampak pandemi Covid-19 selama lebih dari 1 tahun terakhir ini.

“Kami berharap, program JAMINAH dapat secara nyata mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata khususnya HOREKA di Bali, dan dampaknya dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat Bali yang mayoritasnya menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber mata pencaharian,” imbuhnya.

Baca juga : Pelaku Pabrikan Minta Pemerintah Serius Bela TKDN

Secara umum, realisasi JAMINAH hingga akhir Oktober 2021 mencapai Rp 2,6 triliun untuk 17 sektor industri. Di antaranya, otomotif, konstruksi, pertanian, jasa keuangan, perikanan, obat-obatan & kosmetik, hotel, alas kaki dan pertambangan dengan serapan tenaga kerja mencapai 61.129 orang.

LPEI/Indonesia Eximbank juga telah bekerja sama dengan 29 bank dalam rangka realisasi penyaluran fasilitas JAMINAH. Selain itu, Pefindo Biro Kredit juga dilibatkan untuk membantu proses assessment penyaluran fasilitas JAMINAH ini. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.