Dark/Light Mode

Moodys Tingkatan Rating Surat Utang Cikarang Listrindo Jadi Ba1

Jumat, 12 November 2021 17:12 WIB
Cikarang Listrindo. (Foto: Ist)
Cikarang Listrindo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pemeringkat Internasional Moody’s meningkatkan rating Surat Utang PT Cikarang Listrindo Tbk (IDX: POWR) menjadi Ba1 dari sebelumnya Ba2. Rating ini membawa Cikarang Listrindo berada persis satu peringkat menuju Investment Grade (Peringkat Investasi).

Berdasarkan Peringkat Rating Surat Utang yang terbaru oleh Moody’s, Rating Surat Utang Cikarang Listrindo menempati peringkat terbaik keenam untuk kategori seluruh Perusahaan swasta yang dinilai oleh Moody’s di bawah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Profesional Telekomunikasi Indonesia, PT XL Axiata Tbk, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan PT United Tractor Tbk.

Sementara untuk kategori Perusahaan swasta non-investment grade, Perseroan menempati peringkat teratas dengan peringkat Ba1 dari seluruh Perusahaan swasta yang dinilai Moody’s.

Baca juga : Tujuh Provinsi Rampungkan Rencana Umum Ketenagalistrikan

Berdasarkan penilaian dari Moody’s, Perseroan dinilai memiliki prospek yang baik bersamaan dengan membaiknya kondisi perekonomian Indonesia. Selain itu, Moody’s juga menambahkan bahwa kinerja Perseroan diyakini akan tetap baik dalam 12-18 bulan ke depan karena kemampuan Perseroan menghasilkan performa keuangan yang kuat dengan tingkat leverage yang terjaga dan beroperasi secara efisien.

"Peningkatan peringkat mencerminkan ekspektasi kami bahwa Cikarang akan mempertahankan likuiditas yang kuat dan matriks keuangan yang solid di masa pemulihan dan pertumbuhan konsumsi listrik yang berkelanjutan di area yang dilayani mereka” ungkap Yong Kang, Analis dari Moody’s dalam keterangannya, Jumat (12/11).

Perseroan bersyukur dan bangga atas Peningkatan Rating Surat Utang Perseroan oleh Moody’s ini. Hal inimenunjukkan keberhasilan pencapaian kinerja Perseroan. Perseroan menunjukkan performa operasional dan keuangan yang sehat secara berkelanjutan dan yang juga meningkatkan kepercayaan para investor.

Baca juga : Rakyat Sudah Kelaparan, Eh Disuruh Kurangi Makan

Hal ini sesuai dengan komitmen Perseroan untuk terus menjaga kinerja Perseroan dan memberikan nilai yang terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan.

Cikarang Listrindo merupakan perusahaan listrik swasta pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2016. Perseroan juga merupakan perusahaan listrik swasta terlama di Indonesia yang mulai melayani pelanggan sejak tahun 1993 dan sekarang melayani lebih dari 2.500 pelanggan industri di lima kawasan industri di daerah Cikarang dan juga memasok listrik kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak 1996.

Kapasitas Pembangkitan Perseroan sebesar 1.144 MW ditambah 2,2 MWp PLTS Atap energi terbarukan, membuat Perseroan sebagai salah satu perusahaan listrik berkapasitas terbesar di Indonesia. Perseroan secara konsisten terus memberikan layanan terbaik dan berkualitas kepada para pelanggan serta menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga : Eks Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Saksi

Hal ini dibuktikan dengan diraihnya berbagai penghargaan selama tahun 2021 seperti penghargaan Indonesia Best Public Company 2021 with Valuable Earnings Performance dari Warta Ekonomi Research and Consulting, penghargaan Indonesia Best CSR Award with Outstanding Program in Waste Management Commitment dari Warta Ekonomi, IICD Top 50 Big Cap dengan Praktik Terbaik GCG, Certificate Gold Champion kategori Perusahaan Publik dan Best Award Disaster Management dari Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021.

Serta penghargaan apreasiasi atas partisipasi aktif Perseroan dalam membantu penanganan Cobid-19 Kabupaten Bekasi dari Bupati Bekasi. Penghargaan terakhir yang didapat oleh PT Cikarang Listrindo Tbk adalah apreasiasi rating Management BBB dalam ESG Awards 2021 oleh Berita Satu Media Holding di bulan Oktober 2021. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.