Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tips Menjaga Kulit agar tidak Dehidrasi Selama Puasa

Jumat, 22 April 2022 22:38 WIB
Tips Menjaga Kulit agar tidak Dehidrasi Selama Puasa

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama Ramadan atau puasa biasanya kita lalai menjaga kesehatan terutama kesehatan kulit yang membuat kulit menjadi dehidrasi. Sehubungan dengan hal tersebut, penting menjaga kesegaran dan kelembaban kulit kita selama berpuasa. Hal tersebut dikatakan Dermatologist di ZAP Clinic, dr. Rahma Evasari, Sp.DV pada acara Media Gathering Buka Bersama, di Jakarta, Kamis (21/4).

Menurutnya, Kulit yang mengalami dehidrasi yaitu kulit yang kehilangan kelembabannya. Hal tersebut dapat terjadi ketika kita berpuasa di mana kulit menampakkan tanda kering. Tanda-tanda kering ini dapat menjadi peringatan agar kita lebih aware dalam menjaga kesegaran dan kelembaban kulit kita. Namun begitu ada juga yang tidak menampakkan tanda atau gejala yang sama tapi sebenarnya kulit telah terdehidrasi.

Baca juga : Ketum Partai Garuda Harap Demokrasi Bawa Kemajuan Bangsa

"Selain menampakkan tanda kering pada kulit yang terdehidrasi, kulit juga mengalami sensitivitas yang lebih tinggi. Hal tersebut terjadi karena kulit mengalami iritasi jadi mudah dimasuki berbagai bakteri dan kuman yang menembus lapisan luar kulit. Bila sudah demikian kulitpun akan mengalami pengelupasan dan terlihat kusam seperti garis halus, kerak-kerak dan bahkan kerutan" ucapnya.

Agar dapat menjaga kesegaran kulit dan tidak mudah dehidrasi, lanjut Rahma, penting bagi kita untuk memenuhi konsumsi cairan selama berpuasa, Ketika sahur dan berbuka. Selain air, dapat juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan cairan yang dapat membantu memenuhi asupan cairan pada kulit.

Baca juga : Tingkatkan Akses Pangan Berkualitas, Pasar Mitra Tani Kalbar Gelar Pangan Murah

Jangan lupa untuk mencuci muka dengan pembersih muka yang lembut dan air hangat lakukan secara rutin. Pilih pembersih yang bebas zat kimia dan pewangi agar terhindar dari alergi. Lakukan mencuci muka ini sehari dua kali agar tetap terjaga kebersihan dan kelembabannya. Penggunaan pelembab dan tabir surya juga jangan sampai terlupakan sebagai perawatan kulit agar terhindar dari dehidrasi.

“Kelembaban kulit akan tetap terjaga walau sedang berpuasa selama kita tetap menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh dengan rutin serta mengkonsumsi air putih dan juga sayuran yang kaya akan cairan. Selain itu tidak lupa juga rutin merawat kulit dengan pelembab dan tabir surya” pungkas Rahma Evasari. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.