Dewan Pers

Dark/Light Mode

Berlaku Besok, Pulang Dari Luar Negeri, WNA Dan WNI Wajib Karantina 10 Hari

Kamis, 2 Desember 2021 08:03 WIB
Berlaku Besok, Pulang Dari Luar Negeri, WNA Dan WNI Wajib Karantina 10 Hari

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pemerintah telah menyusun langkah antisipasi dalam merespon merebaknya varian Omicron di sejumlah negara.

Salah satunya, memperpanjang masa karantina pelaku perjalanan dari luar negeri, di luar negara-negara yang telah diblokir masuk. Aturan yang berlaku mulai besok, Jumat (3/12), berlaku bagi WNA dan WNI. 

Berita Terkait : Jokowi Uswatun Hanasah

"Berdasarkan arahan Presiden Jokowi, masa karantina bagi WNA dan WNI pelaku perjalanan dari negara-negara di luar 11 tersebut, ditambah menjadi 10 hari dari sebelumnya 7 hari. Langkah ini diambil dengan mempertimbangkan semakin banyaknya negara yang mendeteksi varian Omicron," kata Luhut dalam keterangan resminya, Rabu (1/12)

"Tentunya, kebijakan yang diambil ini akan terus dievaluasi secara berkala, sambil kita terus memahami dan mendalami informasi tentang varian baru ini," imbuhnya.

Berita Terkait : Pulang Dari Dubai, Jokowi Langsung Karantina 3 Hari Di Istana Bogor

Untuk diketahui, pemerintah telah melakukan pembatasan pelaku perjalanan internasional yang hendak masuk ke Indonesia, Minggu (28/11).

 Warga negara asing (WNA) yang dalam 14 hari terakhir memiliki riwayat perjalanan ke 11 negara (Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hong Kong), tidak diizinkan masuk ke Tanah Air. [HES]