Dark/Light Mode

Pake Teknologi Hadapi Virus Corona

Google: Kita Beruntung Punya Menkes Pak BGS

Jumat, 3 Desember 2021 07:10 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin (kiri) bersama Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia (kanan) di acara Google for Indonesia. (Foto: Dok. Google Indonesia)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (kiri) bersama Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia (kanan) di acara Google for Indonesia. (Foto: Dok. Google Indonesia)

 Sebelumnya 
Malah, aktivitas secara virtual sangat membantu masyarakat untuk menikmati lebih banyak waktu. Hal ini juga memberi dampak positif bagi keluarga. Banyak orang menjadi bisa lebih dekat dengan keluarga dibandingkan kondisi sebelum pandemi.

“Data kami sampai Juli tahun ini lebih dari 3 miliar orang di seluruh dunia memilih aplikasi produktivitas dan kolaborasi dari Google untuk berbisnis, bekerja maupun belajar,” ungkapnya.

Di Indonesia , ada 27 juta pengguna internet baru selama masa pandemi Covid-19. Pandemi mendongkrak populasi online Indonesia menjadi lebih dari 202 juta orang.

Baca juga : Senayan: Tenang, Jangan Panik

Kemudian, berdasarkan laporan Google bersama Temasek dan Bain & Company dalam riset menunjukkan, peran teknologi internet sangat bermanfaat besar bagi pelaku usaha kecil.

“Karena 1 dari 3 penjual online di Asia Tenggara percaya mereka tidak akan mampu bertahan selama pandemi tanpa ada platform digital,” tutur Randy.

Walaupun sulit, lanjut Randy, keadaan ini memantik banyak inovasi dan eksperimen baru. Sehingga masyarakat bisa menemukan beragam cara lain untuk belajar, bekerja dan merespon krisis.

Baca juga : Meledak Nggaknya Corona Tergantung Prokes Warga

Semenatra BGS mengakui, keberadaan Google sangat membantu dalam penanganan Covid-19.

“Terima kasih untuk Google yang banyak membantu mengatasi pandemi. Kita pakai Cloud Services-nya, lalu Maps dari Google,” ucapnya.

BGS mendapat tiga amanah dari Presiden Jokowi. Pertama, menggencarkan vaksinasi. Kedua, mengatasi pandemi Covid-19. Ketiga, melakukan reformasi atau transformasi besar di sektor kesehatan. Peran teknologi sangat penting dalam transformasi besar di sektor kesehatan.

Baca juga : Bersyukur, Tingkat Kepatuhan Prokes Masyarakat Meningkat

“Untuk transformasi di bidang bioteknologi saya percaya sekali dengan adanya artificial intelligence, big data, internet of things, akan mengubah secara drastis konsentrasi industri kesehatan,” ucap mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.