Dark/Light Mode

Peringati HBT ke-71, Gus Halim Prioritaskan Revitalisasi 152 Kawasan Transmigrasi

Senin, 13 Desember 2021 05:24 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) PDTT Abdul Halim Iskandar menjadi pembina Upacara Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-71 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan, Minggu (12/12). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) PDTT Abdul Halim Iskandar menjadi pembina Upacara Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-71 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan, Minggu (12/12). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Turut hadir dalam Upacara HBT ini, Nyai Lilik Umi Nashriyah, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Bupati Pesisir Selatan Rusna Yul Anwar, Pejabat Tinggi di lingkungan Kemendes PDTT seperti Dirjen PPKTrans Aisyah Gamawati dan Dirjen PEID Harlina Sulistyorini, Dirjen PPDT Eko Sri Haryanto dan Inspektur Jenderal Ekatmawati.

Dalam upacara tersebut Gus Halim juga menceritakan sejarah Transmigrasi. Dia menjelaskan, transmigrasi sudah lama diimplementasikan di Nusantara. Hal itu sudah ada sejak masa kolonialisme Belanda. Tepatnya, pada tahun 1905.

Baca juga : Peringati Hakordia 2021, KLHK Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan

Saat itu, pemerintah kolonial Belanda untuk pertama kalinya memberangkatkan 155 kepala keluarga (KK) transmigran, yang berasal dari Kedu, Jawa Tengah, menuju Gedong Tataan, Provinsi Lampung.

Sedangkan Pemerintah Indonesia melaksanakan program transmigrasi untuk pertama kalinya pada tahun 1950. Tepatnya, pada tanggal 12 Desember. Kala itu, Jawatan Transmigrasi memberangkatkan 25 kepala keluarga atau 98 jiwa transmigran menuju Lampung dan Lubuk Linggau.

Baca juga : Peringati HMPI, ASTON Priority Simatupang Tanam 4,000 Bibit Mangrove

"Oleh karena itulah, sejak saat itulah, tanggal 12 Desember kita kenal dan selalu kita peringati sebagai Hari Bhakti Transmigrasi," tandasnya.

Dalam momentum HBT, Gus Halim juga menyerahkan Sertifikat Hak Milik untuk Transmigrasi di Kabupaten Sijunjung, peta Transmigrasi dan meresmikan Kantor Wali Nagari.

Baca juga : Peringati HGN 2021, Kemenag Tingkatkan Kepedulian Terhadap Guru

Gus Halim bersama Gubernur Bupati Pesisir Selatan dan Pejabat di lingkungan Kemendes PDTT juga meninjau produk UKM seperti kopi dan kain motif khas yang diproduksi Transmigran di Kawasan Lunang Silaut.

Selain itu, Gus Halim juga menghadiri acara pelantikan Persatuan Anak Transmigrasi (PATRI) Sumbar dan acara peluncuran buku yang ditulis para anak transmigrasi yang berjudul Jalan Terjal Anak Transmigrasi karya Moh Arifin dan Novel karya Melani Kurniawati. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.