Dark/Light Mode

Gus Halim: Perekonomian Kawasan Desa Pesisir Harus Diperkuat Sinergisitas Yang Jelas

Kamis, 3 Februari 2022 17:24 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Inskandar (kiri) saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir, Eduart Wolok beserta rombongan, di kantor Kemendes PDTT, Kamis (3/2). (Foto: Dok. Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Inskandar (kiri) saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir, Eduart Wolok beserta rombongan, di kantor Kemendes PDTT, Kamis (3/2). (Foto: Dok. Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghimbau para inisiator Assosiasi Desa Pesisir untuk mengintensifkan Road Map yang menjadi acuan program serta berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait.

Karena menurutnya keberadaan assosiasi akan mendorong penguatan perekonomian pada desa-desa Kawasan pesisir serta bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar.

Baca juga : Gus Jazil: IKN Harus Jadi Kekuatan Baru Indonesia

“Artinya sudah ada bayangan dan road map yang jelas. Melibatkan KKP, Perhubungan dan lainnya Semua desa tahu, kalau hubungan ini ke KKP, kalau urusan ini ke Perhubungan, kalau ini ke Kemendes PDTT,” ujar Gus Halim saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir, Eduart Wolok beserta rombongan, di ruang kerjanya, Kamis (3/2).

Gus Halim menjelaskan besarnya potensi yang dimiliki desa-desa di Kawasan pesisir. Selain pariwisata, hilirisasi dari sektor perikanan menjadi hal yang penting dengan memaksimalkan industri olahan ikan.

Baca juga : Gus Halim: Minyak Goreng Satu Harga Penting, Demi Wujudkan Desa Tanpa Kemiskinan Dan Kelaparan

Oleh karena itu, menurutnya diperlukan sinergisitas Kemendes PDTT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan dan instansi lain untuk mendukung program peningkatan produksi perikanan.

Gus Halim mencontohkan diantaranya program revitalisasi pelabuhan, pemulihan underwater restocking serta kebutuhan akan alat penangkapan ikan hingga penguatan produksi budidaya laut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.